Jadi, Kuskus Termasuk Hewan Pemakan Apa?

Kuskus termausk hewan pemakan apa? Sebelum menjawab pertanyaan itu, patut diketahui bahwa kuskus atau Spilocuscus memiliki dua spesies saja. Nama-nama umum dari keduanya Kuskus Umum dan Kuskus hitam. Mereka adalah binatang marsupial dan milik kelompok Phalanger yang meliputi hewan possum-seperti Kuskus belang, juga disebut kuskus belang berekor pendek dan Phalanger belang.

Kuskus

Spesies ini ditemukan dalam wilayah ekstrem di Utara dan Timur Australia di wilayah Cape York Queensland. Dan binatang ini juga ditemukan di Papua, serta pulau-pulau lainnya disekitar Papua dari Sulawesi sampai ke Kepulauan Solomon di Timur.

Karena habitatnya begitu padat maka dari itu mereka jarang terlihat, terutama di Australia. Berbeda dengan sebagian besar wilayah habitat lain semisal Indonesia, Kuskus tidak membatasi dirinya dan sering terlihat orang orang, barangkali betah pada iklm hutan hujan, rawa bakau, serta hutan berhutan lebat khas khatulistiwa.

Kuskus adalah binatang yang ukuran nya sama seperti kucing dewasa. Yakni panjang 35 sampai 65 cm dengan ekor dari 32 sampai 60 cm. Beratnya 1,5-6 kg . Bulunya tebal dan membuat telinganya hampir tak terlihat.

Kepala bulat dengan wajah datar dan ekor dapat memegang membantu dalam memanjat pohon lalu mampu menggulung jadi tolakan di sekitar cabang pohon. Ada lima jari pada kaki. Jari pertama tidak punya cakar, tapi sisanya memiliki cakar yang kuat dan melengkung. Membuat mereka mampu mendaki pohon.

Matanya biasa dan ada celah mirip dengan ular. Mereka beragam dalam warna dari kuning ke oranye atau bahkan merah. Hidung berwarna kuning cerah. Bagian bawah kaki adalah tanpa rambut dan disilangkan dengan striations memberikan pegangan yang lebih baik.

Bulu yang tebal berkesan wol. Usia, jenis kelamin dan lokasi memiliki pengaruh pada warna dari abu-abu/putih atau coklat/putih lengkap dengan bintik-bintik dan bercak-bercak.

Kuskus betina berwarna putih atau abu-abu dan tidak memiliki bintik-bintik. Kuskus remaja memiliki variasi warna sebelum tumbuh dewasa pada usia satu tahun.

Umumnya  kuskus belang adalah arboreal , soliter dan sangat pemalu. Ini adalah malam hari, berburu dan makan di malam hari, dan kuskus termasuk hewan pemakan apa? Kuskus hewan nocturnal, kerjaannya berburu, dari buah-buahan, hingga binatang yang lebih kecil.

Loading...
Selanjutnya : Ini Dia Cara FB Banyak Like!
Sebelumnya: Contoh Surat Pelanggaran Mahasiswa Pada Sanksi Akademik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar