Lagu Barat yang Mudah Diingat–Metode Belajar Bahasa Inggris


 

Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa pengantar di seluruh dunia karena sudah menjadi bahasa internasional. Mempelajari bahasa ini sangat penting untuk masa depan anak kelak.

Sayang, tak semua orangtua bisa dengan mudah mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anaknya. Ada cara yang mudah, yaitu mendengarkan lagu barat yang mudah diingat.

Faktor kesulitan dalam mengajar bahasa Inggris sebenarnya bisa diakali dengan metode belajar yang menyenangkan. Misalnya saja dengan memberikan lagu yang mudah diingat dan dihafal oleh anak.

Menghafal lagu berbahasa Inggris bisa menambah kosa kata anak. Jangan lupa untuk menerjemahkan lagu barat ke dalam bahasa Indonesia agar anak menjadi lebih mudah belajar.

Lagu Anak Nursery Rhymes

Lagu-lagu anak nursery rhymes merupakan lagu barat yang mudah diingat dan dihafal oleh anak. Lirik lagu yang sederhana dan nadanya yang berulang bisa membuat anak senang mendendangkannya. Tanpa sadar, para orangtua sudah mengajak anak untuk menyenangi pelajaran bahasa Inggris.

Banyak lagu anak nursery rhymes yang familiar seperti “Twinkle Little Star”, “Heads, Shoulders, Knees, and Toes”, “Hey Didle Didle”, “Hickory, Dickory, Dock”, “Humpty Dumpty”, dan nursery rhymes song lainnya.

Kata-kata yang berima atau pengulangan akan lebih mudah dicerna oleh anak. Apalagi untuk balita karena otaknya masih mudah distimulasi oleh pembelajaran yang menyenangkan.

Misalnya saja lirik pada lagu “Humpty Dumpty” yang sederhana “Humpty Dumpty sat a wall – Humpty Dumpty had a great fall – All the king’s horses and all the king’s men – could’t put Humpty together again!”

Bernyanyi Bersama

Belajar bahasa Inggris memang harus dikenalkan sedini mungkin pada anak agar anak terbiasa. Soalnya, anak sudah terbiasa dengan bahasa ibu (bahasa negaranya sendiri). Agar anak dapat dengan mudah dan tertarik terus mempelajari bahasa Inggris harus diawali dengan pelajaran dari rumah yang menyenangkan.

Orangtua yang bijak bisa mengajarkan pengetahuan pada buah hatinya. Membiasakan diri bernyanyi bersama lagu barat yang mudah diingat oleh anak setiap hari akan membuatnya terbiasa berbahasa Inggris.

Bukan gaya-gayaan untuk mengajarkan anak berbahasa asing, tetapi lebih kepada pengenalan dan pengetahuan anak akan bahasa internasional.

Selanjutnya : Cara Mendapatkan Database dari IMDB
Sebelumnya: Kontribusi Karl Marx Terhadap Sosiologi Ekonomi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar