Lagu Daerah Suku Sunda

Lagu daerah suku Sunda memiliki keunikan irama musiknya serta alat musik angklung yang menjadi ciri khasnya. Lagu daerah Indonesia yang beraneka ragam lantas tidak membuat lagu Sunda tenggelam. Walaupun sebagai lagu daerah, tetapi masyarakat dapat mengenali lagu yang sedang dinyanyikan sebagai lagu Sunda.

Sejarah Sunda

Loading...

Sunda merupakan sebutan dari wilayah yang berada di bagian barat Pulau Jawa. Orang Sunda terkenal dengan kebudayaannya serta keramahan penduduknya. Hal itulah yang membuat kekuatan tersendiri bagi jati diri masyarakat Sunda. Mayoritas suku Sunda beragama Islam dan beberapa orang Sunda telah berada pada jabatan penting seperti menteri dan wakil presiden.

Nama Sunda awalnya digunakan oleh Purnawarman sebagai sebutan ibukota kerajaan yang dipimpinnya. Kemudian, seorang penguasa Tarumanegara mengganti nama Tarumanegara menjadi Sunda. Kejadian inilah yang memicu Kerajaan Galuh untuk memisahakan kerajaannya dari Sunda. Hingga kemudian Tarumanegara terpecah menjadi dua, yaitu Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh.

Budaya Sunda

Suku Sunda mempunyai aneka macam kebudayaan mulai dari tarian, kuliner, lagu, bahasa, dan sebagainya. Kesenian tari yang paling terkenal adalah tari jaipongan. Jaipongan dipadukan dengan berbagai alat musik, seperti gendang dan gong. Selama penampilan, musik yang terdengar paling menonjol adalah gendang. Biasanya tari jaipongan disajikan pada acara pernikahan.

Kebudayaan Sunda yang terkenal lainnya adalah wayang golek. Wayang golek biasanya ditampilkan pada acara hiburan dan dilaksanakan pada malam hari (semalam suntuk), seperti halnya pada pementasan wayang kulit. Cerita wayang golek yang dinantikan, yaitu tentang Cepot, Dawala, dan Gareng karena mereka adalah tokoh wayang yang lucu dan biasanya menceritakan cerita yang lucu.

Adapun lagu daerah suku Sunda juga tidak kalah dengan lagu-lagu daerah lainnya. Beberapa lagu daerah Sunda sudah sering dinyanyikan di acara khusus, seperti upacara adat, pernikahan, bahkan acara di tingkat provinsi. Tidak semua orang bisa menyanyikan lagu Sunda karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Berikut adalah contoh lirik lagu Sunda yang terkenal.

1. Bubuy Bulan
bubuy bulan
2. Cing Cangkeling
cingcang keling
Mengenal lagu daerah sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia tentu tidak ada salahnya. Tidak hanya lagu daerah, tetapi budaya lainnya juga harus diperhatikan agar budaya-budaya tersebut dapat lestari.

Lagu daerah suku Sunda sebagai bagian dari warisan kebudayaan nasional perlu diapresiasi karena sekarang sudah mulai pudar dengan banyaknya budaya-budaya dari luar negeri yang meracuni budaya Nusantara. Kelangsungan hidup kebudayaan bangsa merupakan tanggung jawab masyarakat Indonesia bersama.

Loading...
Selanjutnya : Cara Masuk Facebook Orang yang Aman
Sebelumnya: Aminoglikosida Jenis Apa pun Perlu Pengawasan Tenaga Medis yang Andal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar