Lagu-lagu Banyuwangi yang Dibawakan oleh Artis Jakarta

Apa saja lagu-lagu Banyuwangi yang dibawakan oleh artis Jakarta? Banyuwangi merupakan sebuah wilayah di ujung timur Provinsi Jawa Timur. Meskipun berada di Pulau Jawa, namun Banyuwangi didiami oleh suku lain yang menamakan dirinya suku Osing. Adapun bahasa yang dipakainya adalah bahasa Osing.

Bahasa tersebut merupakan turunan langsung dari bahasa Jawa Kuno, seperti yang digunakan pada masyarakat Bali. Dalam hal kebudayaan, di Banyuwangi juga memiliki budaya yang berbeda dengan kebudayaan daerah lainnya. Di Banyuwangi memiliki suatu kebudayaan yang unik, diantaranya Gandrung, Patrol, Seblang, Tari Barong, Kuntulan, Janger, dan masih ada yang lainnya.

Loading...

Kesenian Banyuwangi

Salah satu jenis kesenian dalam lagu-lagu Banyuwangi yaitu kendang kempul. Kesenian ini merupakan jenis musik etnik yang berkembang di Banyuwangi yang awalnya berasal dari musik gandrung. Sebelumnya, para seniman dalam membawakan jenis musik ini tanpa menggunakan reffrain. Adapun judul lagu yang pertama kali diciptakan para seniman tersebut adalah Keripik Sawi dan Keok-Keok.

Musik ini semakin berkembang ketika alat musik angklung ditemukan pada tahun 1920-an. Di Banyuwangi, jenis musik ini semakin berkembang sejak tahun 1955 dan perkembangannya mendapat dukungan penuh oleh Lekra, di mana organisasi kebudayaan tersebut merupakan organisasi di bawah PKI. Lagu Genjer Genjer sendiri yang sangat identik dengan PKI merupakan ciptaan dari seniman Banyuwangi, yakni Mohammad Arif dan dibawakan oleh alm. Bing Slamet. Lagu ini secara gamblang menceritakan tentang penderitaan yang harus dialami oleh rakyat akibat penjajahan Jepang.

Di era setelah tahun 1965, kesenian Banyuwangi mengalami mati suri. Sehingga, lagu-lagu Banyuwangi yang dibawakan oleh artis Jakarta sudah tidak sering dibawakan lagi. Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa kesenian dari Banyuwangi sangat berbau komunis. Kemudian di era 1970-an, musik ini kembali hadir dengan warna baru yang kemudian diberi nama kendang kempul. Disebut demikian karena  alat musik yang digunakan untuk mengiringi penyanyinya adalah alat musik kendang, kempul, dan suling. Seniman yang berhasil memodifikasi musik ini yaitu Sutrisno.

Sehingga, perkembangan musik kendang kempul kemudian semakin pesat. Di tahun 1990-an, beberapa nama yang pernah membawakan lagu-lagu Banyuwangi yang dibawakan oleh artis jakarta di antaranya Sumiati. Ada pula Cahyono yang merupakan salah satu anggota grup lawak Jayakarta Grup bersama alm. Jojon.

Semakin dikenalnya musik kendang kempul, semakin banyak para penyanyi yang membawakannya. Nama-nama seperti Niken Arisandy, Reny Farida, Adestya Mayasari cukup dikenal di penghujung tahun 1990-an. Dan yang semakin dikenal adalah nama Nini Karlina adalah satu dari sekian banyak penyanyi yang membawakan lagu-lagu Banyuwangi yang dibawakan oleh artis Jakarta.

Loading...
Selanjutnya : Cara Merawat Pohon Kelapa
Sebelumnya: Loyalitas Karyawan Terhadap Tempat Bekerja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar