Lagu Lagu yang Bersangkutan dengan Pelajaran Bahasa Indonesia SD


Lagu lagu yang bersangkutan dengan pelajaran bahasa Indonesia SD biasanya disisipkan pada sela-sela materi. Misalnya saja, ketika membahas materi puisi serta seluk-beluknya dengan tema kepahlawanan, maka lirik lagu yang berkaitan dengan kepahlawanan pun disisipkan. Dengan cara ini, para siswa-siswi tidak hanya mendapatkan tambahan pengetahuan dasar berupa materi pokok, tetapi juga materi tambahan berupa lagu-lagu yang akan memperkuat rasa nasionalisme mereka. Penyampaian materinya pun dapat dibuat semenarik mungkin, tergantung kreativitas guru.

Pentingnya Pemilihan Lagu untuk Pelajaran Bahasa Indonesia SD

Menghadapi siswa-siswi di jenjang Sekolah Dasar membutuhkan strategi khusus. Mereka masih membutuhkan bimbingan penuh dari sang guru, sehingga apa pun perintah guru akan dijadikan pedoman. Untuk itu, sudah sepantasnya seorang guru ikut menanamkan nilai-nilai tambahan di sela-sela pemberian materi pokok.

Pemilihan lagu yang digunakan untuk memperkuat materi bahasa Indonesia dapat disesuaikan dengan jenis bab yang akan diajarkan. Misalnya, ketika anak SD membahas dongeng, lagu-lagu yang diberikan bisa berupa lagu daerah dengan tema yang mendekati tema dongeng. Dengan cara ini, siswa-siswi dapat semakin tertarik dan imajinasi mereka pun akan ikut terlatih.

Lagu-lagu yang disisipkan tentunya tidak asal-asalan. Di sinilah tantangan bagi para guru untuk memilah dan memilih lagu mana yang pantas untuk diberikan. Tidak ada salahnya untuk memberikan lagu-lagu daerah maupun lagu-lagu anak jika liriknya memang pas dan mengandung nilai moral yang dapat dengan mudah diterima para siswa.

Menanamkan Rasa Cinta Pelajaran Bahasa Indonesia

Pemberian lagu lagu yang bersangkutan dengan pelajaran bahasa Indonesia SD di selamateri pokok sebenarnya dapat menjadi salah satu sarana untuk menarik minat siswa. Berbagai mata pelajaran lain mungkin membebani, sehingga dengan adanya sisipan lagu pada materi pelajaran bahasa Indonesia, motivasi belajar para siswa dapat meningkat.

Pemahaman akan pelajaran bahasa Indonesia yang selalu identik dengan menulis pun dapat digeser perlahan. Pelajaran bahasa Indonesia akan menjadi salah satu mata pelajaran yang menyenangkan dan banyak dinanti. Siapa tahu langkah untuk menyisipkan lagu-lagu pada pelajaran ini justru lebih efektif untuk menarik minat  belajar para peserta didik.

Baik Anda yang berprofesi sebagai guru maupun calon guru, tidak ada salahnya untuk melakukan inovasi pada mata pelajaran lain. Pemberian lagu lagu yang bersangkutan dengan pelajaran bahasa Indonesia SDdapat dijadikan batu loncatan untuk melakukan terobosan lain guna menarik minat siswa-siswi dalam belajar. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Memberikan Pupuk Yang Benar Untuk Sawit
Sebelumnya: Lagu Klasik Era 90an Masih Banyak Yang Diminati
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar