Ayam Den Lapeh Lagu Suku Minangkabau yang Terkenal


Sebelum membahas lagu Suku Minangkabau yang terkenal, kami akan mengajak Anda mengenal terlebih dahulu Provinsi Sumatera Barat. Siapa yang tidak kenal dengan Sumatera Barat. Provinsi ini merupakan bagian dari Pulau Sumatera dan beribukota Padang. Warga yang menempati provinsi ini merupakan Suku Minangkabau dan mayoritas masyarakatnya beragama Islam.

Sejarah awalnya pulau Sumatera Barat pada masa kemerdekaan tahun 1945 masih bergabung di dalam Provinsi Sumatera dengan berpusat di Bukittinggi. Namun pada tahun 1949, pulau Sumatera dipisahkan menjadi tiga bagian wilayah yang akhirnya menjadi Provinsi Sumatera Selatan, Sumateran Tengah dan Sumatera Utara.

Namun, Sumatera Barat, Jambi serta Riau masuk ke dalam pemerintahan Provinsi Sumatera Tengah. Baru pada tahun 1957 dikeluarkanlah Undang-undang darurat Nomor 19 yang menyatakan dipecahnya kembali Provinsi Sumatera Tengah menjadi tiga provinsi yaitu Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Provinsi Jambi. Ibukota pada awalnya terletak di Bukittinggi, namun pada tahun 1958 dipindahkan ke Padang.

Suku Minangkabau

Pada awalnya suku  induk di Minangkabau terbagi atas 4 kelompok, yaitu Suku Koto, Suku Piliang, Suku Bodi, Suku Caniago. Namun  pada masa berakhirnya kerajaan Pagaruyung di Minangkabau tidak ada lagu pertambahan suku di Minangkabau. Namun saat ini yang terkenal hanya Suku Minangkabau dan Suku Mentawai saja.

Suku yang mayoritas di Sumatera Barat adalah Suku Minangkabau. Suku ini merupakan suku yang menganut sistem matrilineal baik dalam  pembagian warisan, pada saat pernikahan serta persukuan. Dan agama mayoritas pada suku ini adalah agama Islam. oleh karena itulah hingga saat ini banyak sekolah serta Perguruan Tinggi Islam yang berdiri disana.

Musik dan lagu Minangkabau sangat kental nuansa Melayunya. Lagu-lagu Minangkabau sendiri mulai dikenal oleh masyarakat luas sejak kemunculan Orkes Gumarang yang sering membawakannya. Bahkan lagu-lagu Minangkabau pun terkenal hingga ke luar negeri. Masyarakat Malaysia merupakan salah satu negara yang banyak menyanyikan lagu-lagu ini.

Salah satu lagu yang terkenal hingga ke negara tetangga adalah lagu Ayam Den Lapeh. Lagu Ayam Den Lapeh ini merupakan  karangan Nurseha dan dibantu melodi oleh Abdul Hamid.

Namun lagu ini pertama kali dibawakan oleh Oslan Husein dan Nurseha dalam Orkes Gumarang. Bahkan , lagu Ayam Den Lapeh ini pernah  masuk ke dalam jajaran 150 lagu-lagu Indonesia yang terbaik versi Rolling stone Indonesia pada tahun 2009. Berikut lirik lagu Ayam Den Lapeh.

ayam den lapeh

Demikian pembahasan seputar lagu Suku Minangkabau yang terkenal hingga ke negara tetangga. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kata-Kata Maaf untuk Sahabat
Sebelumnya: Dekorasi Kamar Anak-Anak Perempuan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar