Tentang Lahan Gambut dan Hutan Primer di Indonesia


Indonesia adalah negara yang memiliki lahan gambut dan hutan primer yang sangat luas. Hal ini dapat dilihat dari peringkat Indonesia pada posisi keempat di dunia sebagai negara yang memiliki lahan gambut terluas. Lahan gambut di Indonesia termasuk ke dalam lahan gambut tropika. Di Indonesia sendiri masih banyak terdapat hutan primer atau hutan yang masih perawan.

Hutan Primer di Indonesia

Lahan gambut sendiri adalah tanah yang terjadi dari poses pembusukan sisa-sisa daun serta tumbuhan yang merupakan akumulasi serta terjadi berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang lama. Lahan gambut memiliki tingkat kadar keasaman yang sangat tinggi dan kandungan bahan organik. Lahan gambut biasanya terjadi pada tanah rawa.

Banyak komposisi yang terdapat pada tanah ini, antara lain ranting, kayu-kayu kecil, dedaunan, tumbuhan-tumbuhan yang semuanya telah mengalami pembusukan. Tidak ada sama sekali kandungan oksigen pada tanah ini, sehingga hanya fauna tertentu yang dapat tinggal di dalamnya.

Sementara hutan primer dikenal juga dengan nama hutan perawan atau hutan alam. Hutan primer merupakan wujud hutan yang secara alamiah dibentuk oleh alam, baik dari jenis pohon dan tumbuhan yang ada di dalamnya,  jarak atau frekuensi tumbuh pohon yang satu dengan yang lain, hingga pada fauna yang hidup di dalamnya.

Namun dalam hutan primer atau hutan alam, pohon-pohon yang tumbuh telah memiliki usia yang sangat tua dan memiliki ukuran yang sangat besar. Pada hutan ini sulit bagi pohon-pohon muda dan baru untuk tumbuh. Hal ini dikarenakan kurangnya cahaya yang masuk akibat besarnya serta lebatnya pepohonan.

Lahan gambut memiliki manfaat yang sangat besar sebagai sumber energi. Bahkan di beberapa negara, gambut ini dimanfaatkan sebagai bahan pemanas di rumah dan untuk bahan bakar dalam memasak.

Sementara hutan primer sendiri memiiki manfaat yang sangat besar dalam pelestarian flora dan fauna karena ketersediaan lingkungan yang sangat mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan. Oleh karena itulah, banyak ditemukan hewan serta pohon-pohon yang langka dalam hutan primer ini.

Melihat penjelasan di atas, begitu besarnya manfaat dari lahan gambut serta hutan primer bagi kelangsungan hidup flora, fauna, serta sebagai sumber energi. Oleh sebab itu, kita memiliki kewajiban besar untuk dapat menjaga keutuhannya agar terjaga keseimbangan ekosistem dan energi bagi bumi.

Selanjutnya : Cara Mengungkapkan Rasa Sayang tanpa Mengatakan “Aku Sayang Kamu”
Sebelumnya: Aksesoris Sepeda MTB
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar