Lamanya Waktu Nifas dan Cairan yang Dikeluarkan

Lamanya waktu nifas dan cairan yang dikeluarkan banyak ditanyakan oleh perempuan. Mereka penasaran karena suatu saat nanti mereka psti mengalaminya. Ingin tahu berapa lama waktu nifas dan cairan apa yang dikeluarkannya? Ada baiknya kita simak terlebih dahulu uraian berikut.

Proses Persalinan

Menikah, hamil dan kemudian melahirkan merupakan moment bahagia yang sangat dinantikan oleh seorang wanita. Memiliki keturunan merupakan wujud pelengkap keutuhan seorang wanita. Suatu anugrah besar dari Allah yang wajib kita syukuri.

Setiap wanita yang melahirkan anak akan mengeluarkan darah setelahnya. Baik persalinan dilakukanĀ  secara normal maupun dengan cara operasi (cesar). Begitu pula wanita hamil dengan kondisi kandungan telah cukup dan bayi telah berbentuk manusia yang mengalami keguguran pada masa kehamilannya juga akan mengeluarkan darah setelahnya.

Darah yang keluar karena akibat di atas dalam agama Islam disebut sebagai darah nifas. Secara detail nifas memiliki arti semua darah yang keluar dari rahim seorang wanita yang keluar setelah masa persalinan.

Sehingga flek berupa darah maupun darah yang keluar sebelum waktu melahirkan tidak dapat disebut sebagai darah nifas. Tetapi, darah yang keluar pada masa mulai terjadinya kontraksi, mual dan sakit yang dirasakan oleh seorang wanita sebelum masa persalinan atau pun masa proses berjalannya persalinan seorang wanita sebelum melahirkan juga disebut sebagai darah nifas.
Masa nifas tidak dapat ditentukan secara tetap. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan kondisi antara satu wanita dengan wanita lainnya. Hal ini ditentukan oleh kemampuan penyembuhan terhadap sel-sel dinding rahimnya.

Bila sel dinding rahim cepat sembuh, otomatis darah nifas akan berhenti. Ada wanita yang mengalami masa nifas hanya dalam beberapa hari saja dari masa kelahirannya. Ada beberapa yang bisa mencapai masa hingga 60 hari. Namun pada umumnya masa nifas pada seorang wanita dialami selama 40 hari.

Banyak pendapat mengenai darah nifas yang keluar melebihi waktu hingga 40 hari. Ada yang berpendapat itu adalah darah penyakit (istihadhah). Ada pula yang berpendapat bahwa masa nifas yang kemudian diteruskan dengan masa haid.

Namun yang tahu kondisi tersebut adalah para wanita yang mengalaminya sendiri. Hal ini harus anda ketahui secara jelas karena berkaitan dengan kewajiban seorang wanita untuk bersuci setelah mengalami masa nifas.

Semoga informasi tentang lamanya waktu nifas dan cairan yang dikeluarkan di atas dapat dijadikan masukan untukĀ  mengetahui secara pasti akhir masa nifas pada seorang wanita sehingga dapat melakukan kewajiban utamanya kembali untuk beribadah.

Selanjutnya : Memahami Arti Sabar Seorang Muslimah
Sebelumnya: Hal-hal Unik di Zaman Modern
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...