Arti Lambang Koperasi Pohon Beringin


Tahukah Anda apa arti lambang koperasi pohon beringin? Indonesia merupakan salah satu negara yang dalam menjalankan perekonomiaannya juga menggunakan prinsip ekonomi kerakyatan. Untuk dapat mewujudkannya maka pemerintah mengizinkan berdirinya badan usaha yang menganut asas kekeluargaan dan diberi nama koperasi.

Koperasi

Koperasi sendiri mengandung arti sebagai sebuah organisasi yang berbasis bisnis dan dapat dimiliki serta dijalankan oleh perorangan ataupun badan hukum koperasi untuk kepentingan bersama dan berdasarkan asas kekeluargaan. Pemerintah menetapkan Perkoperasian kedalam UU No. 25 tahun 1992.

Berdasarkan UU diatas prinsip-prinsip koperasi terdiri atas; keanggotaan terbuka untuk siapa pun dan bersifat sukarela, dikelola secara adil dan demokratis, SHU dibagi berdasarkan jasa usaha setiap anggota secara adil, bersifat mandiri, bekerjasama dengan semua koperasi yang ada, balas jasa terhadap modal dberikan secara terbatas.

Berikut ini lambang koperasi berserta artinya.

  • Lambang Gerigi Roda pada Lingkaran Bagian Atas

Memiliki arti bahwa setiap usaha harus dilakukan dengan kerja keras dan secara kontinyu tanpa mengenal lelah.

  • Lambang Rantai pada Lingkaran Bagian Kiri

Mengandung makna kuatnya ikatan dalam koperasi, baik menyangkut ikatan kekeluargaan, ikatan persahabatan hingga ikatan persatuan.

  • Lambang Padi dan Kapas pada Lingkaran Sebelah Kanan

Memiliki pengertian kemakmuran sandang dan pangan bagi setiap anggota dan rakyat banyak pada umumnya, dimana hal ini dapat dilihat dari pengertian padi (pangan) dan kapas (sandang) itu sendiri.

  • Lambang Timbangan di Bagian Atas

Yang memiliki arti bahwa koperasi menganut asas keadilan sosial dalam menjalankan usahanya seimbang antara hak dan kewajiban.

  • Lambang Bintang dalam Perisai di Tengah-tengah Timbangan

Yang melambangkan PANCASILA di mana hal tersebut merupakan landasan idiil dari koperasi itu sendiri yang berdasarkan keyakinan dan kepercayaan.

  • Pohon Beringin di Tengah Logo

Mengandung arti bahwa koperasi harus berdasarkan pada kerakyatan dan mencerminkan kepribadian Indonesia yang kuat.

  • Tulisan Koperasi Indonesia

Melambangkan nlai-nilai koperasi yang sesuai dengan Bangsa Indonesia.

  • Warna Merah Putih pada Bagian Tengah

Mencerminkan rasa nasionalisme.

Namun sejak tanggal 17 April 2012 logo koperasi lama telah dirubah menjadi logo baru dan ditetapkan dengan Permen KUKM NO : 02/Per/M.KUKM/IV/2012. Dengan demikian, arti lambang koperasi pohon beringin pun secara tidak langsung ikut berubah.

Selanjutnya : Cara Menyembuhkan DBD
Sebelumnya: Perang Dingin dan Sebab Konflik Korea Utara dan Selatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar