Landasan Strategi Operasional Klinik Sanitasi

Salah satu problematika kesehatan yang masih dijumpai ditengah masyarakat adalah penyakit berbasis lingkungan. Hal ini tercermin dari jumlah kejadian dan kunjungan penderita beberapa penyakit ke sarana kesehatan. Untuk itu, harus segera disusun landasan strategi operasional yang fokus mengatasi persoalan kesehatan ini.

Beberapa penyakit yang dialami meliputi Infeksi saluran pernapasan akut, diare, malaria, demam berdarah dengue, dan sebagainya. Upaya kesehatan lingkungan dan pemberantasan penyakit berbasis lingkungan harus ditempuh secara promotif dan preventif. Solusi yang dapat dikedepankan ialah klinik sanitasi yang berperan sebagai wahana mengatasi masalah kesehatan lingkungan melalui bimbingan, penyuluhan, dan bantuan teknis dari petugas puskesmas.

Loading...

Klinik sanitasi merupakan unit pelayanan yang berdiri sebagai bagian integral dari kegiatan Puskesmas. Klinik sanitasi dilaksanakan di dalam gedung dan di luar gedung puskesmas oleh petugas sanitasi dibantu oleh petugas kesehatan. Secara umum, klinik sanitasi bekerja meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui tujuan khususnya yaitu.

1.  Menciptakan perpaduan kegiatan lintas program dan lintas sektor untuk menjalankan program pemberantasan penyakit berbasis lingkungan.

2.  Meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemampuan dan perilaku masyarakat berlingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat.

3.  Meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan kemampuan dan perilaku masyarakat mencegah dan menanggulangi penyakit berbasis lingkungan sumber daya yang ada.

4.  Mengurangi angka penyakit berbasis lingkungan diiringi peningkatan kondisi kesehatan lingkungan.
Untuk mencapati tujuan khusus dari dibangunnya klinik sanitasi maka disusun strategi operasional dari program klinik sanitasi. Pertama, diawali dengan mengumpulkan masalah kesehatan lingkungan dan penyakit berbasis lingkungan. Persoalan yang dihadapi masyarakat ini dapat diketahui melalui pemetaan terkait penyakit, perilaku, sarana sanitasi, dan keadaan lingkungan.

Kedua, memadukan kegiatan intervensi kesehatan lingkungan dengan program di puskesmas. Ketiga, persoalan yang sudah terkumpul ditentukan skala prioritas penanganan dengan mempertimbangkan segala sumber daya yang tersedia. Keempat, membangun kemitraan dengan masyarakat atau kelembagaan yang ada untuk berperan serta.

Kelima, memperluas area kerja dengan jaringan kerjasama antar kabupaten atau kecamatan yang menjadi satuan epidemiologis penyakit. Keenam, merubah perilaku masyarakat dalam hal hidup bersih dan sehat. Ketujuh, mengupayakan suntikan dana dari berbagai sumber seperti masyarakat, swasta, dan pemerintah.
Pelaksanaan landasan strategi operasional program klinik sanitasi memerlukan tenaga pelaksana, sarana dan prasarana, dan dukungan dana yang memadai agar mampu menciptakan kesehatan berbasis lingkungan.

Loading...
Selanjutnya : Cara Memasak Camilan Sosis Lezat
Sebelumnya: Idol Korea yang Pernah Pingsan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar