Langkah Awal Menjadi Hacker


Definisi Hacker

Bagi mereka yang menyukai dunia maya, pasti mengetahui istilah hacker. Ya, apalagi jika membicarakan tentang media sosial yang sedang marak di kalangan anak muda. Daripada di hacker, mending belajar bagaimana langkah awal menjadi hacker, hanya untuk jaga-jaga jika akun media sosial Anda di hacker oleh orang lain.

Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara menjadi hacker. Ada baiknya mengerti apa sebenarnya definisi hacker. Hacker merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan seseorang yang memiliki keinginan untuk mengetahui kerja suatu sistem dalam komputer, terutama terkait dengan jaringan komputer.

Sedangkan, istilah hacking merupakan kemampuan yang digunakan untuk merusak suatu sistem. Seperti hack email atau media sosial yang lainnya.

Mengenal Istilah Hacker

Ada beberapa istilah dalam dunia hacker yang dibedakan berdasarkan tujuan penggunaan keahlian hack seseorang, yakni:

1.    Black Hat Hacker

Istilah ini digunakan untuk jenis hacker yang menggunakan kemampuan untuk merusak dan cenderung melanggar hukum, seperti kasus yang baru-baru ini dialami oleh Indonesia yakni disadap oleh negera tetangga.

2.    White Hat Hacker

Istilah yang satu ini merupakan kebalikan dari black hat hacker. Orang yang bekerja dengan kemampuan ini, biasanya ditempatkan pada posisi security analys atau security consultant pada perusahaan. Kemampuan yang dimiliki tidak digunakan dengan baik dan benar.

3.    Grey Hat Hacker

Istilah ini diperuntukkan untuk orang yang bekerja di daerah abu-abu antara baik dan jahat.

4.    Suicide Hacker

Istilah ini dikhususkan bagi mereka yang menjadi terorisme cyber.

Langkah Awal Menjadi Hacker

Untuk menjadi seorang hacker, ada beberapa langkah yang harus dilakukab oleh seseorang, diantaranya:

1.    Seseorang yang ingin menjadi hacker, langkah awal yang dilakukan yakni mengerti bahasa program atau yang disebut logika. Ilmu logika ini dipadupadankan dengan ilmu matematika, sehingga menghasilkan sebuah fungsi logika yang mantap.

2.    Seorang hacker harus mengerti tentang hardware atau perangkat keras komputer. Sehingga mengetahui seluk beluk sistem komputer yang digunakan.

3.    Langkah awal menjadi hacker yang ketiga yakni orang tersebut harus mengerti tentang software atau perangkat lunak komputer. Langkah inilah yang paling penting, lantaran berhubungan dengan bahasa program yang digunakan ketika proses hacking dilakukan.

4.    Langkah ke empat yang dibutuhkan yakni seseorang harus mengerti dengan jaringan atau networking dalam sistem komputer.

5.    Dan, yang terakhir dari langkah awal menjadi hacker yakni kriptografi. Kriptografi digunakan untuk konfigurasi, penyimpanan data yang tersimpan dalam data base, sampai dengan komunikasi transaksi yang terjadi pada jaringan komputer.

Selanjutnya : Bandara Negara Paling Sibuk di Dunia
Sebelumnya: Lagu-lagu Barat yang Melegenda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar