Langkah-langkah Membuat Makalah dengan Benar


Langkah-langkah membuat makalah dengan benar jika dijalankan akan menjadikan makalah tersebut memiliki nilai yang lebih. Dengan menjadikan makalah sebagai makalah yang memiliki nilai, maka akan membuatnya mampu mencapai tujuan dari pembuatan makalah itu sendiri.

Apa Itu Makalah

Sebelum membuat makalah, sebaiknya Anda memahami dahulu pengertian makalah dan langkah-langkah membuatnya. Pengertian makalah termasuk ke dalam bentuk tulisan ilmiah. Karena memang makalah dibuat berdasarkan sebuah pemikiran ilmiah terlebih dahulu.

Saat ini, banyak jenis makalah yang dibuat secara akademik oleh para pendidik maupun pelajar, baik dalam bentuk tugas sekolah ataupun dalam bentuk ujian untuk pelulusan seperti skripsi ataupun tesis. Semuanya adalah dalam bentuk dan struktur makalah.

Makalah memang memiliki struktur pembuatan. Sehingga, di dalam pembuatan makalah tidak dapat sembarangan. Pembuatan makalah ini harus mengacu pada struktur baku yang memang telah ditetapkan. Jika Anda sudah memahami struktur ini, tentu pembuatan makalah menjadi lebih mudah.

Struktur dalam pembuatan makalah ini adalah terdiri dari tiga bab. Bab pertama yaitu latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat dan batasan masalah. Bab kedua isi dan bab ketiga adalah penutup.

Langkah-langkah Membuat Makalah

Di dalam membuat makalah yang sesuai dengan struktur baku yang ada maka ada beberapa langkah yang dapat untuk dijalankan. Berikut ini adalah langkah-langkah tersebut.
•    Menentukan tujuan dalam pembuatan makalah tersebut. Hal ini sangatlah penting untuk menentukan apa dan bagaimana bentuk makalah yang akan kita buat. Dengan menentukan tujuan dari pembuatan makalah ini akan membuat kita lebih mudah di dalam menentukan langkah yang berikutnya serta menjalankan pengorganisasian makalah selanjutnya.
•    Menentukan topik dan judul. Kedua hal ini dibuat setelah tujuan ditentukan. Topik adalah hal yang lebih besar dibandingkan dengan judul. Setelah topik ditentukan, barulah judul dibuat dengan lebih spesifik terhadap isi dari makalah tersebut. Memang sebaiknya dibuat judul yang baik namun menarik.
•    Menyusun outline. Penyusunan outeline ini setelah kita mengadakan hipotesa terhadap masalah yang telah kita batasi. Penyusunan outline ini akan memudahkan kita untuk mengisi semua bagian dari makalah yang ada.
•    Melengkapi bagian makalah. Inilah hal terakhir yang akan kita lakukan untuk membuat makalah yang kita buat menjadi lengkap dan menjadi sebuah makalah yang utuh dan final.

Inilah langkah-langkah membuat makalah dengan benar dan tepat sesuai struktur yang ada.

Selanjutnya : Sejarah Golf dan Peraturan Golf
Sebelumnya: SDM di Suatu Perusahaan Besar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar