Langkah-langkah Mengedit Foto di Aplikasi Photoshop yang Perlu Diketahui


Setiap orang pasti memiliki foto, baik foto dirinya sendiri, keluarga, teman-teman, pemandangan, hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Dari foto-foto yang dimiliki, terkadang kita kurang puas dengan hasil yang ada. Terkadang, kita menginginkan variasi dari foto tersebut. Mengedit foto melalui aplikasi Photoshop bisa menjadi pilihan tepat. Namun, tentunya kita harus mengetahui langkah-langkah mengedit foto di aplikasi Photoshop.

Edit Foto

Edit foto tersebut ditujukan karena ingin kualitas foto tersebut menjadi lebih baik lagi, ataupun karena hobi yang ingin foto tersebut ada tambahannya. Misalnya, yang asalnya latarnya kebun diganti dengan latar di pegunungan atau daerah sawah. Sebelum kita mengedit foto dengan photoshop, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa langkah berikut ini.

1. Kuasai tiga menu (tool) dasar yang menjadi basic dalam Photoshop. Ketiga menu tersebut adalah tool selection, tool retouch, dan tool drawing. Tool yang pertama berfungsi untuk menyeleksi foto-foto yang akan diedit.

Tool kedua berfungsi untuk meringankan tugas kita dalam mengolah foto. Terakhir adalah tool drawing yang berfungsi untuk memberikan tambahan gambar dengan mudah pada foto.

2. Kuasai teknik dalam menggunakan tool-tool. Teknik-teknik yang dimaksud adalah teknik-teknik yang biasa digunakan dalam mengedit foto di Photoshop, yaitu masking, cutting, dan blending. Ketiga teknik ini selalu akan kita gunakan dalam Photoshop.

Banyak pengertian teknik masking yang biasa digunakan. Salah satunya adalah menghapus setiap bagian yang ada dalam foto. Untuk cutting sendiri berarti memotong, yaitu memotong bagian-bagian dari foto yang mungkin ingin dihilangkan dari foto aslinya. Sementara teknik blending yang biasa digunakan salah satunya dengan menambahkan efek pada foto.

3. Kuasai istilah-istilah lain dalam aplikasi photoshop. Dengan mengetahui dan menguasai istilah-istilah yang ada dalam photoshop, maka akan memudahkan kita dalam mengedit foto sesuai dengan keinginan kita. Di antaranya adalah bagaiamana membuat sketsa, menjadikan dua foto/gambar dalam satu objek, menjadikan foto asli jadi kartun, mengubah wajah, menambah efek, dan lain sebagainya.

Jadi, tolong diperhatikan terlebih dahulu hal-hal yang mendasar dalam Photoshop supaya kita lebih paham. Setelah itu, barulah kita masuk pada langkah-langkah mengedit foto di aplikasi Photoshop.

Selanjutnya : Koleksi Sepatu Messi
Sebelumnya: Tips Memilih Jenis Kamera DSLR yang bagus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar