Langkah-langkah untuk Membuat Website Melalui Joomla


Penjelasan Tentang Joomla

Sebelum memulai penjelasan singkat mengenai langkah-langkah untuk membuat website melalui Joomla, ada baiknya menyimak terlebih dahulu penjelasan berikut ini.

Perkembangan teknologi berbasis jaringan internet yang luas mencakup hampir seluruh bagian di dunia, telah membuat berbagai keperluan dan kebutuhan manusia akan dunia informasi semakin cepat dan berkesinambungan.

Salah satu hal yang sekarang mudah dilakukan oleh manusia akan halnya kemajuan teknologi internet adalah munculnya berbagai kemudahan dalam melakukan komunikasi yang menjamin terjadinya interaksi yang yang lebih luas antarpenduduk dunia.

Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan website-website yang bermuatan informasi. Salah satunya adalah pembuatan website menggunakan Joomla.

Sedikit mengenai Joomla, pada dasarnya Joomla merupakan web yang memiliki basis CMS yakni suatu software yang memiliki kemampuan dalam menghapus, mengedit, serta menayangkan suatu konten dalam sebuah website. Serta dalam menjalankan fungsinya sebagai web, Joomla memiliki sifat opensource.

Secara praktis, membuat website melalaui Joomla, dapat dilakukan dalam beberapa langkah sebagai berikut:

  • Instal aplikasi XAMPP atau WampServer, sebuah aplikasi yang memuat standar prasyarat, yang terdiri dari dari berbagai software, sebelum Anda membuat website menggunakan Joomla.
  • Selanjutnya, dapatkan file instalasi Joomla. Anda bisa men-donwload-nya secara gratis. Saya rekomendasikan file tersebut bisa Anda donwload di http://www.joomla.org/download.html
  • Gunakan PHPMyAdmin dalam membuat database. Hal ini diperlukan karena adanya pencatatan informasi-informasi yang terdiri dari lokasi database, username, nama, serta user pasword untuk database.
  • Transfer file instalasi Joomla ke folder web. Pastikan ada sinkronisasi antara aplikasi XAMPP atau WampServer yang telah Anda install sebelumnya, C:\xampp\htdocs untuk aplikasi XAMPP dan C:\wamp\www untuk aplikasi WAMPSERVER.
  • Ekstrak file instal Joomla untuk mengubahnya ke dalam bentuk ZIP. Untuk proses ini, gunakan WINRAR.
  • Pada langkah selanjutnya, file Joomla yang sudah dirubah kebentuk ZIP kemudian di-install. Ada 3 halaman instalasi yang harus Anda isi. Lakukan sesuai prosedur yang tertera nantinya di layar.

Langkah-langkah untuk membuat website melalui Joomla selesai dilaksanakan. Petunjuk selanjutnya hanya diperlukan dalam menghapus installation folder. Selamat mencoba!

Selanjutnya : Yuk Membaca Artikel Budaya Hidup Sehat
Sebelumnya: Pentingnya Metode Sejarah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar