Langkah Membuat Makalah Kualitatif

Dalam membuat makalah, harus memperhatikan langkah-langkahnya, termasuk langkah membuat makalah kualitatif. Makalah kualitatif merupakan karya tulis atau tulisan sebagai hasil laporan penelitian yang bersifat alami. Maksudnya adalah laporan ini berasal dari penelitian yang dilakukan di lapangan, bukan di dalam ruangan, misalnya di laboratorium. Makalah jenis ini banyak dibuat oleh pelajar atau mahasiswa yang melakukan kegiatan di luar sekolah.

Ciri-ciri Makalah Kualitatif

Setiap jenis makalah pasti mempunyai ciri tersendiri. Hal ini untuk membedakan antara jenis makalah yang satu dengan jenis makalah yang lain. Inilah ciri-ciri makalah kualitatif.

Sumber datanya bersifat langsung, maksudnya sumber-sumber datanya didapat dari keterlibatan si Pembuat Makalah dengan permasalahan yang dibahasnya. Jadi, si Pembuat Makalah harus benar-benar memahami permasalahan yang dihadapinya.

Bersifat deskriptif, maksudnya makalah yang dibuat menggunakan gambar-gambar atau kata-kata secara jelas, bukan menggunakan angka-angka.
Penganalisisan datanya bersifat induktif, maksudnya si Pembuat Makalah terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan.

Pembuatannya sangat mengedepankan proses, bukan hasil, maksudnya sebelum menjadi sebuah makalah, ada proses yang harus dilalui, misalnya melakukan penelitian.

Langkah-langkah dalam Membuat Makalah Kualitatif

Dalam membuat makalah, tidaklah sembarangan. Harus ada langkah-langkah yang diperhatikan. Berikut adalah langkah-langkah membuat makalah kualitatif. Memilih masalah. Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat makalah jenis ini adalah pemilihan masalah.
Merumuskan masalah. Perumusan masalah ini haruslah fokus agar pembahasan tidak melenceng ke mana-mana.

Menyusun kerangka kerja. Penyusunan kerangka ini diperlukan sebagai pemandu si Pembuat Makalah dalam mengumpulkan dan menganalisis data yang sesuai dengan permasalahan yang dibahasnya.

Mengumpulkan data. Pengumpulan data ini sangat diperlukan dalam membuat makalah jenis ini dengan menggunakan beberapa teknik, antara lain:

1) teknik dokumen, yaitu si Pembuat Makalah mengumpulkan data dari dokumen-dokumen yang sudah ada dengan permasalahan yang sama;

2) observasi, yaitu si Pembuat Makalah melakukan pengamatan terkait permasalahan yang dibahasnya;

3) triangulasi, yaitu si Pembuat Makalah mengumpulkan data dari sumber-sumber yang ada guna meningkatkan pemahaman terhadap masalah yang dibahasnya; dan

4) wawancara, yaitu si Pembuat Makalah mewawancarai narasumber.
Menganalisis data. Penganalisisan data sangat diperlukan untuk membuat data agar dimengerti, baik untuk si Pembuat Makalah maupun untuk orang lain. Data-data ini dapat dianalisis saat masih di lapangan dan saat data sudah terkumpul.

Penyusunan makalah. Ini adalah langkah akhir dalam membuat makalah kualitatif. Tujuan penyusunan ini adalah agar permasalahan yang dibahas oleh si Pembuat Makalah dapat disampaikan kepada orang lain. Tidak hanya itu, permasalahan yang angkat harus disertai dengan solusi yang tepat.

Langkah-langkah membuat makalah kualitatif haruslah diperhatikan agar pembahasan tidak melenceng ke mana-mana dan hasilnya memuaskan. Butuh proses yang cukup panjang untuk membuatnya. Hal ini sangat memerlukan kesabaran si Pembuat Makalah dalam menyajikan permasalahan yang dibahasnya pada orang lain.

Selanjutnya : Cara Menghapus Video pada Bagian Tertentu dengan Movie Marker
Sebelumnya: Contoh Buat Makalah dan Pengertiannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...