Beberapa Langkah Mengatasi Pencemaran Sungai

Langkah mengatasi pencemaran udara telah banyak dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat umum. Namun hingga saat ini hasil maksimal belum didapatkan. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Hal ini sangat erat kaitannya dengan air yang merupakan salah satu sumber bagi kehidupan seluruh makhuk hidup dimuka bumi ini.

Air yang baik bagi manusia adalah air yang memiliki kualitas yang baik. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang dikelilingi oleh begitu banyak sumber air, dari lautan, sungai hingga air gunung. Namun pada kenyataannya Indonesia saat ini mulai memasuki masa krisis air bersih. Mengapa hal ini dapat terjadi?

Perkembangan industri menjadi salah satu penyebabnya. Belum siapnya industri dalam pengolahan air limbah menyebabkan mereka mencari jalan pintas bagi penyelesain masalah ini. Salah satunya dengan membuang limbah hasil industri ke sungai-sungai yang mengalir disekitar wilayah industri mereka.

Namun tidak hanya limbah industri, limbah rumah tangga pun turut menyumbang pencemaran air sungai. Antara lain adalah membuang sisa air limbah cucian  serta membuang sampah ke dalam sungai.

Banyak hal negatif yang terjadi dari pencemaran air ini, di antaranya sebagai berikut.

  1. Rusaknya air tanah karena racun yang berasal dari limbah rumah tangga dan limbah-limbah pabrik.
  2. Limbah rumah tangga serta sampah-sampah yang dibuang sembarangan ke dalam sungai dapat menyebabkan tersumbatnya aliran air sehingga menimbulkan resiko banjir.
  3. Pembuangan limbah-limbah industri ke sungai yang mengandung banyak racun serta bahan-bahan kimia lainnya dapat menyebabkan matinya kehidupan di sungai.
  4. Sungai yang tercemar tidak dapat dimanfaatkan airnya sebagai penunjang kehidupan manusia. Padahal masih banyak daerah di Indonesia yang mengandalkan air sungai untuk kebutuhannya. Misalnya untuk memasak, mencuci, dan pengairan lahan.

Cara Mengatasi Pencemaran Sungai

Apabila tidak segera dilakukan tindakan pencegahan atau pun pembersihan terhadap sungai-sungai yang tercemar maka akan semakin merusak sumber air yang ada. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan agar dapat mengurangi terjadinya pencemaran sungai.

  1. Untuk rumah tangga yang berada disekitar sungai, Jangan lagi membuang limbah rumah tangga maupun sampah ke dalam sungai.
  2. Menyediakan tempat-tempat sampah yang banyak di sekitar wilayah sungai serta membangun tempat pengolahan sampah agar sampah dapat didaur ulang menjadi lebih bermanfaat.
  3. Untuk industri-industri besar lainnya, diwajibkan membangun tempat pengolahan limbah sendiri terutama limbah cair. Sehingga bila limbah cair ini akan dibuang ke sungai telah melalui proses yang ketat dan telah melalui pengujian air sehingga aman untuk dibuang ke sungai.
  4. Meningkatkan kesadaran masyarakat luas, terutama masyarakat di sekitar bantaran sungai terhadap besarnya manfaat menjaga kebersihan sungai dengan memperbanyak penyuluhan-penyuluhan serta tindakan nyata dari pemerintah dan masyarakt umum.

Demikianlah beberapa langkah mengatasi pencemaran sungai yang patut kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Lidah Terasa Nyeri
Sebelumnya: Lidah Buaya Digunakan untuk Membuat Bahan Apa Saja?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini