Langkah Mengedit Foto Pada Photoshop – Mengubah Background Pada Foto


Tidak diragukan lagi bahwa kemampuan Photoshop dalam ‘mengutak-atik’ foto dapat membuat tampilan foto berbeda jauh dari aslinya. Tidak semua orang mahir menggunakan Photoshop. Namun jika langkah mengedit foto pada Photoshop diikuti dengan baik dan benar, maka Anda pun terlatih menggunakan aplikasi program yang satu ini.

Ada bermacam-macam proses editing foto yang bisa dilakukan menggunakan program ini. Mulai dari mengubah warna rambut, warna lensa mata, memperbaiki struktur tubuh, menukar kepala, mengatur setting, hingga mengganti background sesesuai yang diinginkan. Untuk artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengganti background foto. Berikut langkah-langkahnya:

•  Pastikan Anda telah meng-install program Photoshop di komputer, tablet, ataupun laptop Anda. Boleh menggunakan Photoshop versi CS 3 maupun versi CS4. Jika belum, download program ini terlebih dahulu dan install di gadget pendukung Anda.

•  Pilihlah foto yang akan di-edit background-nya. Caranya, klik menu file dan pilih folder tempat Anda menyimpan foto tersebut. Lalu tentukan foto yang Anda inginkan dan klik kiri pada mouse.

•  Dengan menggunakan pen tools, magic wand, atau pun lasso tool, seleksilah bagian objek foto yang akan dipisahkan dari background aslinya.

•  Buka layer dan tentukan background mana yang Anda inginkan. Jika tidak ada tampilan background seperti yang Anda inginkan, bisa men-download gambar-gambar background yang ada di internet lalu save. Sebisa mungkin sesuaikan background dengan tampilan objek foto agar terkesan natural.

•  Kini, Anda tinggal memasukkan foto yang telah diseleksi tadi ke dalam background yang Anda pilih. Caranya, drag/tarik foto ke dalam background dan tempatkan pada posisi yang sesuai. Atau bisa juga langsung meng-copy-paste foto yang telah diseleksi ke dalam background baru.

•  Pastikan warna antara objek foto dengan background sepadan. Baik dari pencahayaan maupun warnanya. Jika tampak belum pas, Anda bisa mengedit keseluruhannya dengan mengatur contras, colors, luminance pada yang tersedia di program Photoshop.

Jika komposisi secara keseluruhan telah pas, Anda tinggal menyimpan foto tersebut ke dalam folder yang Anda inginkan. Selesai sudah langkah mengedit foto pada Photoshop. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Cara Merawat Burung Kenari untuk Menjadi Juara
Sebelumnya: Peranan Prinsip Islam dalam Ekonomi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar