Lapangan Lari 8 Lintasan Buat Atletik


 

Biasanya, lapangan lari 8 lintasan digunakan untuk arena olahraga atletik baik dalam ruangan maupun yang berada di luar lapangan. Panjang lintasan untuk luar ruangan (outdoor) 400 m, sementara untuk lintasan dalam ruangan (indoor) 200 m dengan bentuk oval.

Cabang dari atletik yang lazim menggunakan lintasan adalah lari. Perlombaannya bisa dilakukan secara indoor maupun outdoor. Lintasan yang di dalam ruangan terletak di pinggir lapangan mengelilingi lapangan rumput.

Sementara itu, lapangan (field) digunakan cabang lempar dan lompat. Selain itu, cabang atletik yang dikombinasikan, seperti pentathlon, heptathlon, triathlon, dan decathlon, memakai dua arena, baik yang menggunakan lintasan maupun yang memakai lapangan.

Lapangan (field) untuk tolak peluru bentuknya lingkaran dengan diameter 2,135 m. Lingkarannya berbahan besi dengan ketebalan minimal 6 mm. Pada bagian atas besi, lingkaran dibuat dengan garis sepanjang 5 cm.

Sementara bagian dalam, lingkaran dibuat dari bahan padat dan harus berbidang datar sekitar 20 mm. Selain itu, ukuran panjang balok penahan antara 1,21—1,23 m dengan ketebalan 9,8—10,2 cm.

Adapun, lapangan untuk lompat jauh, jarak awal lari hingga balok tumpuannya 45 m. Tebal balok tumpuan 10 cm dengan panjang 1,72 m, serta lebarnya 30 cm. Panjang bak lompatan 9 m dan lebar 2,75 m. Sementara itu, kedalaman bak lompat ukurannya sekitar 1 meter. Lebar lintasan pada awalan 122 cm dan lebar papan tumpu 20 cm, dengan panjang 122 cm.

Disesuaikan dengan musim, indoor biasa digunakan pada musim dingin sedangkan outdoor digelar saat musim semi dan panas. Lintasan indoor kebanyakan berukuran 200 m. Lintasan indoor sering memiliki belokan lurus guna mengompensasikan dari belokan yang cukup ketat.

Pada lintasan indoor seorang atlet akan berkompetisi sama dengan lomba pada lintasan outdoor, kecuali, pada lari 100 m dan 110 atau 100 m halang rintang diganti dengan 60 m halang rintang dan sprint 60 m. Pada indoor pun memperoleh tambahan lari 3.000 m. Sementara itu, maraton 5.000 m merupakan lomba lari jauh paling umum.

Demikianlah ulasan tentang fungsi lapangan lari 8 lintasan yang seringkali digunakan untuk lomba cabang atletik. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca.

Selanjutnya : Energi Dalam pada Monoatomik
Sebelumnya: Mengenal Beragam Model Rumah Kelinci
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar