Lapisan Atmosfer Bumi

Lapisan atmosfer merupakan susunan gas yang ada dalam atmosfer bumi. Setiap planet sebenarnya memiliki atmosfer, hanya saja susunan gasnya berbeda. Kali ini kita akan membahas mengenai apa lapisan apa saja yang menyusun atmosfer di bumi.

Lapisan yang menyelubungi bumi kita ini akan menyerap radiasi sinar ultraviolet, yang bisa digunakan untuk mengendalikan suhu yang ekstrem antara siang dan malam. Jarak atmosfer dengan bumi ini hanya berkisar 11 kilometer dari permukaan bumi.

Atmosfer Bumi

Atmosfer bumi ini merupakan lapisan gas yang menyelubungi sekaligus melindungi bumi. Atmosfer terdiri dari beberapa lapisan dengan kandungan gasnya masing-masing. Salah satu kegunaan atmosfer dengan susunan lapisannya ini adalah untuk mengontrol radiasi sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari ke bumi.

Berkat atmosfer suhu di bumi bisa terkontrol dengan baik, meskipun sedang berada dalam suhu yang ekstrem. Jika lapisan di atmosfer mulai menipis akan mengakibatkan perubahan suhu yang ekstrem, pemanasan bumi atau global warming terutama didukung oleh efek rumah kaca.

Bila bumi mengalami perubahan suhu, akan mengakibatkan banyak permasalahan, seperti musim yang terlalu panjang, perubahan cuaca yang mendadak, terjadinya gejala alam seperti angin topan atau badai yang tidak biasa.

Lapisan dalam Atmosfer Bumi

Lapisan atmosfer di bumi ini ada beberapa lapisan. Setiap lapisannya ini mengandung gas yaitu nitrogen, oksigen, karbondioksida, argon, uap air dan gas lainnya, dengan komposisi gas nitrogen yang paling besar, yaitu sebanyak 78%. Berikut lapisan-lapisan dalam atmosfer bumi.

• Troposfer

Lapisan ini merupakan lapisan paling bawah dari permukaan bumi. Lapisan troposfer ini berfungsi melindungi bumi dari paparan radiasi yang bersumber dari benda-benda di luar angkasa.

• Stroposfer

Lapisan di atas troposfer ini berada pada jarak 11 kilometer dari lapisan terakhir troposfer. Lapisan ini mengatur suhu atmosfer, dan dalam lapisan ini ada lapisan ozon, serta kerap terjadi angin.

• Mesosfer

Lapisan ketiga dari permukaan bumi dalam atmosfer adalah lapisan mesosfer. Lapisan mesosfer ini suhu udaranya mulai menurun, yang mampu membakar benda-benda langit yang akan jatuh ke bumi, seperti meteor.

• Termosfer

Lapisan keempat dari permukaan bumi di sebut dengan termosfer. Termosfer ini memiliki temperatur yang cukup tinggi karena adanya serapan radiasi sinar ultra violet dan menyebabkan terjadinya reaksi kimia yang menghasilkan aliran listrik.

• Ionosfer

Lapisan ini merupkan lapisan paling luar dari atmosfer bumi. Lapisan ini memuat aliran listrik karena akibat dari terjadinya reaksi kimia dari lapisan termosfer sebelumnya. Ionosfer ini mampu membakar batu meteor.

Demikianlah ulasan singkat mengenai lapisan atmosfer bumi yang terdiri dari lima lapis dengan fungsinya masing-masing. Jangan sampai lapisan di atmosfer bumi ini semakin menipis sehingga bisa mengancam kehidupan di bumi. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Tata Cara Beternak Kambing
Sebelumnya: Kupinang Kau dengan Bismillah Lagu Populer Ungu Tahun 2011
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar