Lapisan Tanah Terdiri Atas Berbagai Lapisan


Lapisan tanah terdiri atas beberapa lapisan yang di dalamnya mengandung berbagai macam zat yang berbeda-beda. Apa saja lapisan tanah itu? Dan, apa saja yang terkandung di dalamnya? Berikut ini sejumlah lapisan tanah.

Lapisan Tanah Atas

Lapisan tanah terdiri atas lapisan tanah atas. Tanah ini ketebalannya sekitar 10 hingga 30 sentimeter. Warnanya coklat sampai dengan kehitam-hitaman dan lebih gembur. Lapisan tanah ini bisa juga disebut tanah olah atau disebut juga tanah pertanian. Lapisan tanah atas ini menjadi  tempat pertumbuhan utama bagi tanaman.

Pada bagian tanah yang ini, hidup dan berkembang semua jasad hidup. Tanah ini merupakan lapisan tanah yang paling subur. Warnanya hitam atau coklat dan faktor suburnya tanah ini disebabkan oleh adanya bunga tanah. Bunga tanah ialah campuran dari sisa-sisa tumbuhan dan binatang mati yang telah membusuk dalam lapisan tanah atas.

Lapisan Tanah Bawah

Lapisan tanah bawah memiliki ketebalan antara 50 hingga 60 sentimeter. Jadi, lebih tebal dibandingkan dengan lapisan tanah atas tadi. Warna lapisan tanah bawah kemerah-merahan dan lebih terang serta lebih padat. Makanya lapisan tanah ini sering juga disebut  tanah cadas atau tanah padas atau sering juga disebut tanah keras.

Pada umumnya tanah ini sangat sedikit sekali mengandung kandungan zat makanan untuk tanaman. Hal itu menyebabkan sangat sedikit jenis tanaman yang bisa hidup di sini. Lain halnya dengan  tanaman berupa pohon-pohon berakar tunggang yang umurnya lebih panjang.

Lapisan Bahan Induk Tanah

Lapisan bahan induk tanah terdapat pada lapisan di bawah lapisan tanah kedua atau lapisan tanah bawah. Lapisan tanah ini terlihat menyolok dengan warna merah atau warna kelabu yang tercampur dengan sedikit warna putih. Lapisan tersebut disebut juga dengan bahan induk tanah karena lapisan ini merupakan lapisan asal atau lapisan induk.

Lapisan Batuan Induk

Lapisan batuan induk terletak di bagian bawah induk tanah lapisan ke empat. Lapisan ini masih berupa batuan pejal yang belum mengalami sebuah pemecahan. Proses untuk memecah sangat lama.

Bagian tanah ini terletak lebih jauh ke dalam, sehingga jarang kelihatan dari  permukaan tanah. Di wilayah pegunungan  sering bisa dilihat, tapi tumbuhan tak bisa hidup di sana. Apabila tertutup dengan tanah sedikit saja, tumbuhan, khususnya rumput dapat tumbuh di tanah tersebut.
Namun, pada kenyataannya tidak semua susunan tanah seperti yang telah diuraikan di atas karena tanah di  berbagai tempat ketebalannya tidak sama. Semua  bergantung dari posisi letak tanah tersebut.

Demikian uraian mengenai Lapisan tanah terdiri atas beberapa lapisan yang berbeda-beda kandungannya. Semoga bermanfaat. Terutama bagi Anda yang sedang menggeluti bidang ilmu tanah.

Selanjutnya : Apa Tandanya Jika Perut Sebelah Kiri Sakit?
Sebelumnya: Apakah Obat Perangsang Itu Ada?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar