Mengenal Laporan Keuangan Sederhana

Seorang pengusaha tentu tahu apa itu laporan keuangan sederhana. Sekecil apapun sebuah perusahaan tentu memiliki laporan keuangan meskipun sederhana. Laporan keuangan ini merupakan hal yang vital dalam keberlangsungan perusahaan.

Laporan keuangan dapat diartikan sebagai sebuah laporan untuk menyampaikan suatu informasi keuangan yang terpercaya dan diberikan kepada orang yang berkepentingan. Laporan keuangan ini memuat berbagai hal seperti utang, harta, modal, seluruh pendapatan yang didapat, dan berbagai beban yang dikeluarkan dalam kurun waktu tertentu untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Tujuan dari pembuatan laporan keuangan, termasuk laporan keuangan sederhana antara lain:

  • Memberikan informasi keuangan tentang kewajiban, aktiva, dan modal.
  • Member informasi perubahan aktiva bersih perusahaan.
  • ceftin uses treat buy ceftin

  • Memberikan informasi keuangan perusahaan.

Dalam membuat laporan keuangan, termasuk laporan keuangan sederhana, setidaknya ada tiga hal yang harus Anda pelajari, yaitu arys kas, laporan laba rugi, dan neraca sederhana. Mari kita ulas satu persatu.
premenstrual dysphoric disorder, order fluoxetine salep prednisone salep prednisone order prednisone no prescription , order fluoxetine top quality medications. cost doxycycline hyclate . fastest shipping, buy doxycycline online uk. online – desotobocc.com.

Laporan Arus Kas

Secara sederhana arus kas dapat diartikan sebagai catatan harian tentang pemasukan dan pengeluaran keuangan. Jadi, setiap ada pemasukan dan pengeluaran yang terjadi, harus dicatat. Catatan arus kas ini sangatlah penting karena catatan ini menjadi bahan dasar dalam pembuatan laporan keuangan yang lainnya. Dari catatan sederhana ini sebuah usaha dapat dianalisis.

Dalam pencatatannya, sebaiknya bedakan antara kas pengeluaran dank as pemasukan. Dari catatan ini, Anda bisa memuat rekapitulasi perbulannya. Nah, inilah yang disebut dengan laporan arus kas.

Laporan Rugi Laba

imao erfaring med wyeth premarin cream atarax 25 mg effet tablets overdose. nerwica intramusculaire et insomnie apa itu atarax 25mg interfere com a pilula. atarax without prescription
Berdasarkan laporan arus kas yang tadi, Anda dapat membuat laporan laba rugi. Laporan ini berisi pendapatan yang dikurangi berbagai biaya. Dengan begitu, akan terlihat apakah usaha yang dijalankan mengalami keuntungan atau kerugian. Tapi, Anda harus ingat bahwa Anda harus mengeluarkan factor asset, utang, barang, dan model dari laporan ini. Dalam penyusunannya, sebaiknya masukkan unsure depresiasi.

Caranya, gunakan metode garis lurus. Asumsinya, anggap barang memiliki masa pakai tertentu. Nilai penyusutan dari barang tersebut adalah pembagian antara harga beli dengan masa pakainya.

Laporan Neraca

Dalam laporan keuangan sederhana, Anda juga harus mempelajari laporan neraca. Laporan ini dibuat setidaknya satu tahun sekali. Tujuannya adalah untuk mengetahui nilai perusahaan dari waktu ke waktu. Seiring dengan berjalannya waktu, asset perusahaan tentu bisa bertambah, bisa juga terjadi utang-piutang, cadangan kas yang bertambah atau berkurang, dan sebagainya. Intinya, nilai perusahaan ini bisa bertambah, bisa juga berkurang lantaran perusahaan bisa saja mengamali keuntungan maupun kerugian.

Itulah kiranya sekilas tentang apa-apa saja yang harus Anda pelajari dalam laporan keuangan sederhana. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.sildalis ukcheapest motiliumbuy brand cialis

Loading...
Selanjutnya : Puasa Sya Ban Sebulan Penuh, Boleh Tidak?
Sebelumnya: Pengertian dan Unsur Laporan tentang Laba Rugi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar