Beberapa Larangan untuk Penyakit Cacar

Selama ini, ada banyak larangan untuk penyakit cacar yang harus dipatuhi oleh penderitanya. Larangan ini ada yang hanya berupa mitos, tetapi ada pula yang memang dilandasi oleh fakta ilmiah dari penelitian medis. Namun pada dasarnya, larangan tersebut sama-sama bertujuan untuk mempercepat proses kesembuhan bagi penderita penyakit cacar.

Salah satu larangan yang hanya berdasarkan mitos adalah larangan mandi bagi penderita cacar. Pada masyarakat di masa lalu, penderita cacar tidak diperbolehkan untuk mandi. Padahal, dalam pandangan medis justru melihat sebaliknya.

Seorang yang menderita cacar harus mandi, khususnya ketika cacar yang ada di tubuh sudah mulai pecah. Dengan demikian, tubuh tetap bersih dan tidak ada kuman yang menempel, terutama pada bekas cacar yang pecah tersebut. Dengan mandi, penderita juga tidak akan mengalami rasa gatal sehingga tidak perlu digaruk. Sebab, jika digaruk bisa menyebabkan bekas cacar mengalami luka yang mengakibatkan infeksi. Sebaiknya, pada saat mandi menggunakan air hangat yang dicampur dengan larutan antiseptik sehingga bisa mematikan kuman dan bakteri.

Pantangan untuk Seseorang yang Terkena Cacar

Ada beberapa larangan untuk seseorang yang sedang terkena penyakit cacar, yaitu sebagai berikut.

1. Larangan keluar rumah

Hindari pergi keluar rumah pada saat cuaca terlalu panas atau dingin, karena hal ini bisa memperlambat proses penyembuhan penyakit cacar, diakibatkan adanya alergi. Jika harus keluar rumah, gunakanlah pelindung tubuh seperti jaket.

2. Mengonsumsi makanan dingin

Makanan yang dingin menyebabkan daya tahan tubuh melemah. Akibatnya, virus cacar akan mudah berkembang.

3. Memilih makanan

Kurangi makanan berminyak dan amis. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

4. Jangan meggunakan baju yang sama

Hindari menggunakan pakaian yang baru dikenakan oleh penderita cacar, karena penularan virus bisa berlangsung dengan cara menempel pada pakaian yang digunakan penderita cacar. Larangan untuk penyakit cacar ini pun harus diperhatikan dengan baik.

Pengobatan Cacar

Walaupun bisa sembuh dengan sendirinya, cacar air tetap harus diberikan penanganan yang serius. Sebab, hal ini untuk mencegah terjadinya serangan yang kembali terjadi pada saat daya tahan tubuh penderita sedang turun.

Obat yang biasa digunakan untuk sakit cacar antara lain Asiklovir yang bentuknya tablet. Pemberian obat ini dilakukan setiap 4 jam sekali dalam jangka waktu 7-10 hari. Selain itu, gunakan obat oles seperti salep yang terdapat kandungan Asklovir ini dan dioleskan pada bintik cacar.

Demikianlah ulasan tentang larangan untuk penyakit cacar. Semoga ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca.

Selanjutnya : Beberapa Periode Dalam Sistem Pemerintahan Presiden Soekarno
Sebelumnya: Langkah-langkah dalam Membuat Strategi Pemasaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...