Latar Belakang Lahirnya Sistem Politik Orde Lama


Pada saat kita duduk di bangku SMA, tentu kita akan mempelajari berbagai macam tipe politik yang berkembang di negara Indonesia sejak kemerdekaan. Mulai dari orde lama, demokrasi terpimpin, masa transisi, orde baru, hingga reformasi. Lalu, Anda pun akan mempelajari  latar belakang lahirnya sistem politik orde lama.

Lima tahun setelah Indonesia dinyatakan merdeka, yaitu pada tahun 1950, lahirlah masa orde lama. Saat itu terjadi demo besar-besaran yang menginginkan terbentuknya NKRI (Negara kesatuan Republik Indonesia). Akhirnya terjalinlah kesepakatan dan perjanjian antara tiga negara bagian, yaitu negara republik Indonesia, negara Indonesia timur, dan negara sumatera timur.

Sistem Politik Orde Lama

Pada masa itu, Indonesia menganut sistem parlementer dengan pergantian perdana menteri hingga 7 kali. Tentu hal tersebut sangat berpengaruh pada politik yang terjadi di Indonesia. Masa orde lama berakir seiring dikeluarkannya dekrit presiden pada tahun 1959 yang menyatak digunakannya kembali UUD 1945.

Masa politik Indonesia memang berkembang dari masa ke masa. Banyak hal yang mengakibatkan terjadinya pergantian periode politik mulai dari orde lama, demokrasi terpimpin, masa transisi, orde baru, hingga reformasi seperti sekarang ini.

Telah banyak hal yang menyebabkan terjadinya berbagai perombakan tatanan negara. Seperti stabilitas ekonomi masyarakat dan demo besar-besaran seperti yang terjadi pada pergantian ke masa orde lama dan reformasi.

Banyak korban berjatuhan dari berbagai pihak. Terutama mahasiswa yang berjuang saat masa reformasi. Pergantian presiden yang terjadi di Indonesia juga mengakibatkan kestabilan negara ini diguncang. Ada yang menjadi lebih baik, tapi tak jarang juga yang menuai kecaman berbagai pihak.

Hal tersebut memang mengakibatkan stabilitas politik bangsa ikut terguncang. Reformasi memang berlaku hingga saat ini, namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi perubahan periode politik lagi di Indonesia.

Hal tersebut tentunya bergantung sejauh mana peranan masyarakat dalam menjaga keutuhan wilayah dan keutuhan masyarakat serta kesejahteraannya. Tidak menutup kemungkinan pihak mahasiswa dan masa akan kembali turun ke jalan demi menyampaikan aspirasi yang selama ini telah terbelenggu oleh beragam kebijakan.

Demikianlah latar belakang lahirnya sistem politik orde lama, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Mengenal Macam-Macam Nokia Communicator
Sebelumnya: Makna Memberi Gelang ke Wanita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar