Latar Belakang Masalah Remaja


Begitu banyak latar belakang masalah remaja. Permasalahan itu sendiri terkadang sering membingungkan baik pihak orangtua maupun pihak lain. Remaja juga sering kali nekad sehingga membahayakan dirinya dan mempertaruhkan masa depannya. Mereka bahkan berani melakukan perbuatan kriminal seperti tawuran atau melakukan kejahatan.

Gaya Pendidikan

Tidak bisa dipungkiri bahwa gaya pendidikan yang diterapkan oleh orangtua akan berbekas sangat dalam pada jiwa dan hati remaja. Lingkungan yang membentuk mereka pun memberikan peranan yang tidak sedikit.

Inilah mengapa banyak orangtua yang begitu berhati-hati dalam bertindak. Mereka pun terus memberikan pemahaman terutama tentang agama agar anak-anak tahu bagaimana bertingkah laku dikemudian hari.

Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh anak pun dijaga. Tidak boleh ada barang haram sedikit pun karena akan mempengaruhi hati anak-anak. Semua perintah agama dalam mendidik anak didalami agar tidak salah langkah.

Ketika ternyata anak tetap tumbuh tidak seperti yang diharapkan, orangtua yang paham dengan ajaran agamanya, akan terus berusaha menyadarkan anak yang dianggap menyimpang tersebut.

Rasa Tertekan

Masalah remaja bisa datang ketika sang remaja merasa tertekan. Tekanan ini bisa datang dari teman sebaya atau pun dari rumah dan sekolah. Tekanan bisa juga berasal dari diri mereka sendiri. Remaja itu membuat target yang begitu tinggi sehingga ia sendiri merasa kesulitan mewujudkannya. Walaupun misalnya tidak ada yang menekannya, ia tetap merasa tertekan.

Emosi yang tidak stabil membuat perasaan mereka semakin tidak menentu. Mereka pun sering berpikir negatif sehingga membuat masalah seolah mengalahkan diri mereka sendiri. Padahal masalah itu harus berada dibawah kendali diri sehingga tidak akan dipandang terlalu berat.

Tentu saja peranan orangtua sangat pentig agar remaja merasa ada teman. Kalau orangtua sendiri tidak menaruh perhatian, biasanya remaja malah mencari jalan sendiri yang belum tentu benar. Ilmu tentang kehidupan yang belum banyak serta pemahaman tentang makna penciptaan diri yang belum terlalu diresapi, akan semakin membuat remaja terpuruk.

Dengan demikian, penanaman nilai-nilai agama tetap penting agar latar belakang masalah remaja yang begitu pelik paling tidak bisa ditelusuri dengan lebuh mudah. Disamping itu, ilmu pengetahuan agama akan membuat remaja mempunyai rem yang kuat.

Selanjutnya : Program Rehabilitasi Pasien Stroke
Sebelumnya: Keuntungan Membeli Rumah di BTN
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar