Seputar Latar Belakang Pengumuman dan Bentuk-bentuknya

Latar belakang pengumuman dibuat untuk memberitahukan informasi kepada beberapa orang tertentu tentang informasi terbaru. Sifat dari pengumuman itu adalah memberitahukan dan menyebarluaskan pengumuman ke khalayak ramai dan masyarakat.

Bentuk Pengumuman

Memang banyak bentuk pengumuman. Ada pengumuman tentang peserta lomba, pengumuman PNS/CPNS, pengumuman lolos seleksi pemilihan berkas beasiswa dan masih banyak ribuan pengumuman yang lain.

Pengumuman jika dilihat secara sekilas memang tidak begitu penting untuk sebagian besar orang. Jika kembali dirunut, pengumuman memiliki banyak kepentingan dan manfaat. Kembali melihat ke belakang, berapa orang di sekitar kita yang sukses berawal dari melihat pengumuman di papan-papan dinding, surat kabar maupun di internet?

Hampir semuanya berawal dari pengumuman. Bentuk pengumuman pun juga tidak selalu dalam bentuk tertulis saja, secara lisan dari satu teman ke teman yang lain juga bisa disebut sebagai pengumuman.

Sesuatu yang terlihat kecil selalu dianggap sepele, misalnya pengumuman. Orang-orang besar sukses dari memanfaatkan pengumuman yang ada dengan maksimal dan hasilnya tidak terlalu buruk.

Sebaliknya, bagi mereka yang tidak memedulikan dan tidak mau tahu tentang pengumuman, banyak juga yang tersandung masalah. Misalnya ketika di kampus ada sebuah pengumuman yang menuliskan bahwa pembayaran paling lambat tanggal 12 Februari, karena tidak melihat dan tidak memedulikan pengumuman yang sudah dipasang, akirnya mendapat masalah administrasi tentang pembayaran.

Contoh Kasus Seputar Pengumuman

Ada sebuah kasus yang diakibatkan menyepelekan pengumuman. Ada seorang mahasiswa dan mahasiswi. Mahasiswa ini tipe orang yang “tidak peduli” atau masa bodoh dengan hal-hal kecil, sedangkan mahasiswi satu ini tipe orang yang berkarakter perfeksionis.

Mereka berdua sama-sama berasal dari keluarga tidak mampu dan memiliki banyak prestasi. Petugas BAAK menempelkan pengumumann tentang penerimaan beasiswa bagi mereka yang berprestasi dan kurang mampu.

Si mahasiswi melihat dengan detail syarat dan aturan yang tertulis di papan pengumuman. Sebaliknya, si mahasiswa ini sebenarnya juga melihat pengumuman tersebut, hanya saja sekilas.

Hasilnya, di akhir cerita si mahasiswa tidak lolos pengajuan berkasnya hanya karena ada satu prasarat yang lupa tidak dikumpulkan. Hal ini menunjukkan, pengumuman selain menyampaikan informasi, juga sebagai panduan atau aturan kecil yang harus dipenuhi persyaratan yang di tuliskan di sana.

Jadi latar belakang pengumuman pada dasarnya adalah memberikan informasi kepada siapa pun yang tertarik. Setiap pengumuman akan dituliskan beberapa aturan dan syarat-syarat untuk bisa mengikuti petisi, atau pemberian informasi bagi mereka yang berhak bergabung di dalamnya.

Selanjutnya : Contoh Website Toko Online
Sebelumnya: Contoh Tampilan Web Bisnis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...