Latar Belakang Perdagangan Internasional dan Bentuk Kegiatannya

Latar belakang perdagangan internasional bisa disebabkan karena berbagai macam faktor dan kepentingan dari masing-masing negara yang terlibat. Kerjasama internasional bisa melibatkan dua negara.

Dengan adanya kerjasama internasional baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, kebudayaan, hukum, sosial, dsb memberikan dampak bagi negara yang terlibat. Misalnya kerjasama dalam bidang ekonomi, membuka peluang pekerjaan dan produksi barang baik ekspor maupun impor.

Latar Belakang Perdagangan Internasional

Ada banyak penyebab mengapa perdagangan internasional terjadi, beberapa diantaranya disebabkan karena tidak semua negara dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan tidak semua negara dapat memproduksi bahan produksi sendiri.

Selain itu, perdagangan internasional terjadi disebabkan karena adanya perbedaan kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki dan perbedaan sumber daya alamnya. Adanya kelebihan dan kekurangan tersebut maka masing-masing negara melakukan kerjasama.

Kegiatan Perdagangan Internasional

Ada banyak hal atau kegiatan yang berhubungan dengan perdagangan internasional, diantaranya adalah kegiatan ekspor dan impor.

1. Kegiatan Ekspor  

Ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa keluar negeri. Sebutan untuk orang atau pihak yang melakukan ekspor disebut eksportir. Kegiatan ekspor dipengaruhi oleh keadaan atau situasi pasar di dunia, iklim usaha di dalam negeri dan kelincahan para ekportir untuk menguasai pasar dunia.

Ada banyak langkah yang bisa diambil agar kegiatan ekspor mengalami perkembangan. Beberapa di antaranya bisa dengan memberikan fasilitas kepada produsen barang, mengendalikan harga barang di dalam negeri, melakukan devaluasi, dibuat perjanjian internasional dan masih banyak lainnya.

2. Kegiatan Impor

Impor adalah kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri. Orang atau pihak yang melakukannya disebut importir. Terdapat banyak kasus yang terjadi di Indonesia, akibat banyaknya kegiatan impor menyebabkan banyak orang yang memilih menggunakan barang dari luar dibandingkan barang buatan lokal. Sehingga menyebabkan kegiatan produksi barang di Indonesia mengalami kemunduran.

Untuk mengatasi hal tersebut pemerintah harus memberlakukan kebijakan-kebijakan atau peraturan, salah satunya dengan membatasi barang-barang impor. Dengan adanya pembatasan tersebut dapat memberikan dampak yang positif, antara lain mengurangi ketergantungan terhadap produk luar, industri lokal (di dalam negeri) tergerak untuk maju, dapat terhindar dari defisit neraca pembayaran dan menamakan rasa mencintai dan bangga menggunakan produk dalam negeri.

Namun dengan adanya pembatasan impor dapat menyebabkan dampak negatif. Seperti produsen dalam negeri menjadi kurang termotivasi sehingga bisa menyebabkan kurangnya kualitas, pembatasan barang bisa menyebabkan hubungan yang canggung, atau kurang nyaman dan tidak jarang ada pembalasan dari negara lain. Akibatnya dapat mengganggu perkembangan ekonomi nasional.

Demikian informasi mengenai latar belakang perdagangan Internasional dan bentuk kegiatan yang berhubungan erat dengan kerjasama perdagangan antar negara. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Selanjutnya : Kriteria Penilaian Menu Sehat Seimbang
Sebelumnya: Kriteria Novel Pemenang Lomba
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini