Membuat Latar Belakang yang Paling Bagus dalam Karya Ilmiah


Dalam sebuah tulisan/penelitian ilmiah, membuat penjelasan mengenai latar belakang masalah menjadi sangatlah penting. Bagian ini turut memberi gambaran awal tentang bagaimana dan kenapa tulisan tersebut kita buat.

Latar belakang yang paling bagus dari masalah penelitian harus dibuat dengan merinci dan memuat seluruh data dengan sejelas-jelasnya berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan.

Secara definisi, latar belakang masalah adalah bagian dalam suatu sistem rangkaian tulisan ilmiah yang dibuat berisikan informasi, di mana hal tersebut diperuntukkan agar para pembaca memahami apa maksud dari tulisan/penelitian tersebut.

Latar belakang masalah dapat juga diartikan sebagai dasar dari membuat sebuah penelitian ilmiah. Guna menghasilkan latar belakang masalah yang bagus, sebuah latar belakang masalah harus memuat hal-hal berikut.

• Latar belakang harus memuat isi mengenai sebab-sebab sebuah penelitian dibuat. Bagian ini harus memunculkan alasan-alasan yang mampu dijelaskan secara rasional dan esensial kenapa seorang peneliti tertarik meneliti objek penelitian tersebut.

• Latar belakang harus memuat isi mengenai pengamatan awal terhadap permasalahan yang timbul di lapangan, sehingga nantinya didapat satu formula untuk mengatasai permasalahan tersebut.

• Latar belakang harus memuat isi mengenai pandangan peneliti terhadap permasalahan yang akan diteliti. Tingkat permasalahan yang timbul akibat hal tersebut akan berakibat terganggunya hal-hal lain, sehingga perlu diteliti mengenai hal itu secara menyeluruh.

• Latar belakang juga harus memuat penjelasan awal mengenai apa hubungan masalah yang akan diteliti dengan pilihan studi ilmu yang sedang dijalani oleh peneliti.

Bagi Anda yang menyederhanakan sistematika dalam pembuatan sebuah latar belakang, maka tahapan-tahapan penulisannya dapat dibagi menjadi tiga bagian, yakni sebagai berikut.

• Bagian awal, Anda bisa memuat gambaran permasalahan secara umum. Namun, nantinya harus mengerucut pada objek permasalahan tertentu yang sesuai dengan batasan wilayah yang Anda akan teliti.

• Bagian tengah, Anda bisa memuat mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan masalah yang akan Anda teliti, disuguhkan lewat fakta-fakta yang akurat, begitupun dengan pendapat para ahli yang menjelaskan sebab akibat bila permasalan tersebut tidak segera dicarikan solusinya.

• Bagian akhir, Anda bisa memuat pemikiran yang didasari secara teoritis, di mana hal tersebut dapat berupa solusi awal untuk mengatasi masalah yang Anda akan teliti.

Demikian sedikit informasi dan tips dalam membuat latar belakang yang paling bagus mengenai masalah penelitian.

Selanjutnya : Pengertian Zat Kimia Yang Berbahaya
Sebelumnya: Harga Camera SLR Canon di Bawah 4 Juta dan 5 Juta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar