Sudah Tahukah Anda, Lautan yang Sangat Luas Disebut Samudera?


Definisi lautan yang sangat luas disebut sebagai samudera oleh banyak ahli. Sama seperti laut, samudera juga terdiri dari kumpulan air asin. Luas laut dan samudera menyelimuti dua pertiga wilayah bumi, sehingga air memang lebih mendominasi. Jika dilihat dari luar angkasa pun bumi akan terlihat kebiruan karena sebagian besar wilayahnya tertutup air yang luas. Dengan samudera, hubungan antarpulau atau antarbenua pun dapat terjadi. Luas keseluruhan samudera diperkirakan mencapai 361 juta km2. Tentunya penghitungan tersebut tidak termasuk area yang lebih kecil, seperti laut, selat,maupun teluk.

Samudera-samudera di Dunia

Terdapat empat samudera besar di dunia, yaitu Samudera Hindia, Samudera Pasifik, Samudera Arktik, dan Samudera Atlantik.Masing-masing samudera memiliki karakteristik tersendiri. Predikat samudera terbesar dan terluas disandang oleh Samudera Pasifik yang luasnya hampir sepertiga bumi. Di samudera ini terdapat Palung Mariana yang terkenal dengan kedalamannya.

Samudera Atlantik memang tidak seluas Pasifik, namun Samudera Atlantik menjadi samudera terbesar kedua setelah Atlantik. Samudera ini dikenal di seluruh dunia karena Pulau Segitiga Bermudanya. Banyak orang percaya kawasan Segitiga Bermuda adalah pusat magnet bumi yang sampai saat ini masih menjadi misteri.

Samudera Hindia sebagai samudera terluas ketiga merupakan samudera yang memiliki arus tenang, sehingga para pelayar lebih memilih Samudera Hindia sebagai jalur pelayaran mereka. Selain itu, angin muson yang terjadi di Samudera Hindia berperan penting dalam siklus hujan.

Berbeda dengan ketiga samudera di atas, Samudera Arktik menjadi samudera terkecil dengan sebagian besar wilayah yang ditutupi es. Letaknya di kutub membuat Samudera Arktik tidak memiliki keanekaragaman jenis ikan.

Mencari Nafkah di Samudera

Lautan yang sangat luas disebutdengann samudera ini tidak hanya tempat dimana air asin berkumpul dan menghubungkan suatu tempat dengan tempat lainnya. Berbagai macam profesi bahkan dilakukan di samudera, misalnya saja nelayan.

Semakin canggih perahu atau kapal yang dimiliki seorang nelayan, akan semakin luas pula jangkauannya di samudera, sehingga hasil tangkapan ikannya lebih bervariasi. Keuntungan lainnya, nelayan dengan perbekalan cukup untuk menjelajah samudera akan mendapatkan jenis ikan yang langka dan biasanya memiliki daya jual tinggi.

Seorang nahkoda pun akan bergantung pada samudera dalam menjalankan profesinya. Selain itu, samudera menyuguhkan berbagai macam sarana yang sebenarnya menuntut pemaksimalan fungsi, misalnya saja dalam hal pengeboran minyak lepas pantai.Jadi, penyebutan mengapalautan yang sangat luas disebut samudera berdasarkan kesepakatan yang telah dilakukan para pendahulu. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tips Pengusaha Berhasil
Sebelumnya: Jadi Novelis Itu Mudah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar