Apakah Lebih Bagus Sawi Atau Salada Buat Kenari Pandai Berkicau?

Lebih bagus sawi atau salada buat kenari, mungkin di antara pembaca yang menyukai burung kenari bingung untuk memilih pakan yang cocok agar dapat bersuara nyaring. Antara sawi dan salada keduanya bisa sama bagusnya, karena sayur-sayuran merupakan pakan tambahan burung kenari. Selain sayur-saruran, kenari juga menyukai buah-buahan terutama dalam keadaan segar dengan kandungan gizinya yang masih tinggi.

Untuk menghindari zat insektisida yang bisa menyebabkan racun, sebelum diberikan pada burung sayuran atau buah-buahan harus dicuci terlebih dahulu. Jika sawi atau salada sudah mulai membusuk, segera buang dan ganti dengan yang masih segar.

Cara Memberikan Sawi

Sawi sangat baik dijadikan makanan tambahan Kenari, karena memiliki kandungan vitamin A. Untuk memberikan sawi caranya sangat mudah. Anda tinggal menyobek satu helai daun sawi dari batangnya. Cuci hingga bersih kemudian bagian atasnya diberi gantungan khusus yang bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan burung.

Atau bisa dengan cara menusuk/menyelipkan daun pada bagian dalam sangkar. Manfaat sawi bisa menjadikan bulu kenari terlihat lebih bersih dan bersinar. Selain menyukai sawi dalam bentuk sayuran, kenari juga menyukai biji sawi. (Brassica Rugosa). Biji sawi warnanya hitam bentuknya bundar sebesar biji jewawut. Biji kulit sawi tipis dan sulit untuk dikupas.

Cara Memberikan Salada

Salada memiliki kandungan air dan vitamin dengan teksur yang empuk dibandingkan jenis sayuran lainnya. Daun salada cocok untuk kenari anakan. Pemberiannya bisa diseling dengan jenis sayuran lainnya.

Selain dalam bentuk daun, Kenari juga menyukai biji salada (Lactuca Satipa) merupakan biji dari pohon salada. Biji salada warnanya hitan, bentuknya kecil agak memanjang. Biji ini dapat mempengaruhi warna bulu kenari menjadi kehijauan, oleh karena itu biji salada baik untuk kenari yang memiliki bulu hijau.

Makanan Tambahan Kenari Lainnya

Masih banyak makanan tambahan lainnya yang bisa diberikan untuk kenari, seperti: kroto. Kroto dipercaya dapat membuat burung berkicau. Kroto bisa diberikan satu kali seminggu kurang lebih 4 butir. Ada juga makanan tambahan extra food atau sotong yang bisa dibeli di perlengkapan burung.

Sotong berguna untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan mempengaruhi pertumbuhan bulu sehabis mabung. Memberikan pangan pada kenari tidak boleh berlebihan, secukupnya saja. Karena bisa menyebabkan kenari gemuk dan malah malas untuk berkicau.

Jadi, pertanyaan mengenai apakah lebih bagus sawi atau salada buat kenari, tergantung pada kebutuhan burung itu sendiri. Namun tidak semua burung kenari suka dengan salada atau sawi, bisa jadi hal tersebut dipengaruhi memberian pakan pada saat muda yang monoton. Jika demikian, Anda bisa mencoba ganti dengan sayuran jenis lainnya.

Selanjutnya : Kuliah Ambil Jurusan Sastra Bahasa
Sebelumnya: Mengenal Hukum Mendel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading