Legenda Gunung Kumukus


Di Indonesia memang ada banyak sekali legenda yang saat ini masih dipercayai keberadaannya. Gunung adalah salah satu tempat di Indonesia yang memiliki banyak mitos dan legenda. Salah satunya Gunung Kumukus. Inilah cerita mengenai legenda Gunung Kumukus.

Konon katanya, dulu ada seorang pangeran bernama Pangeran Samudro. Dia adalah putra dari raja Majapahit terakhir dari selir raja Majapahit. Saat Kerajaan Majapahit itu runtuh, Pangeran Samudro tidak ikut untuk melarikan diri. Dia malah datang ke Demak untuk belajar tentang agama Islam kepada Sunan Kalijaga.

Setelah ilmunya sudah banyak, dia berguru di salah satu daerah Gunung Lawu. Kemudian, setelah mendapatkan ilmunya, dia kembali lagi ke Demak. Saat melakukan perjalanan pulang, dia ditemani oleh dua orang abdi untuk menyebarkan agama Islam ke tempat-tempat yang disinggahi. Namun sayang, saat di perjalanan pulang, Pangeran Samudro sakit hingga meninggal dunia.

Kemudian, jasadnya dimakamkan pada sebuah bukit yang selalu berkabut hitam seperti asap atau kukus. Asap tersebut selalu muncul saat musim kemarau dan musim hujan.

Oleh karena itu, disebutlah dengan Gunung Kumukus yang tetap digunakan hingga saat ini. Tibalah sang ibu yang bernama Ontrowulan mengetahui kabar mengenai kematian putranya. Sehingga, dia memutuskan untuk berkunjung ke makamnya.

Dalam sebuah dialog gaib, sang pangeran mengirimkan pesan kepada ibunya. Jika dia ingin bertemu dengannya, maka sang ibu harus menyucikan diri di sendang. Sendang tersebut sekarang dikenal dengan nama Sendang Ontrowulan. Setelah menuruti apa kata anaknya, Ontrowulan menghilang.

Dari geraian rambutnya, muncullah bunga untuk menghias rambut. Dari bunga tersebut muncullah pohon nagasari yang ada hingga saat ini. Saat ini, makam pangeran yang ada di Gunung Kumukus dianggap sakral atau bertuah. Hampir setiap hari dikunjungi oleh banyak orang.

Orang-orang yang datang itu bertujuan untuk ziarah. Ada juga yang ingin mengukur kekuatan jantung dengan cara menapaki anak tangga agar sampai ke makam yang ada di atas gunung.

Itulah sedikit cerita mengenai legenda Gunung Kumukus yang sampai sekarang masih dipercayai oleh banyak masyarakat Indonesia. Namun, jangan sampai Anda yang ingin mengunjunginya meminta pesugihan ya, di sini.

Selanjutnya : Makalah Promosi Kesehatan Tentang Nutrisi
Sebelumnya: Ikan Lohan dan Cara Pemeliharaannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar