Legenda Gunung Semeru


Gunung Semeru merupakan gunung api tertinggi di Pulau Jawa. Puncaknya sering disebut dengan Mahameru. Gunung ini memiliki tinggi 3.676 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung Semeru memiliki kawah di puncaknya. Kawah puncak ini sering disebut dengan Jonggring Saloka.

Sebagai gunung tertinggi, tentu banyak mitos seputar Semeru. Mitos yang beredar di masyarakat berasal dari Kitab Tantu Pagelaran yang ditulis pada abad ke-15. Pada kitab itu, disebutkan bahwa pada zaman dahulu kala Pulau Jawa merupakan dataran yang mengambang di samudera yang luas.

Karena itu, pulau ini sering terombang-ambing oleh angin dan ombak serta sering terguncang. Bathara Guru, pemimpin para dewa, lalu memerintahkan untuk memaku Pulau Jawa. Hal ini dilakukan agar pulau ini nanti bisa ditinggali keturunan dewa dan membentuk peradabannya.

Karena itu, diusulkan untuk memindahkan Gunung Meru dari India ke Pulau Jawa. Bathara Wisnu lalu menjelma menjadi kura-kura raksasa. Dia menggendong gunung ini di atas punggungnya. Sedangkan Bathara Brahma menjelma menjadi ular raksasa. Dia membelitkan tubuhnya pada gunung sebagai ikatan agar gunung ini tetap berada di atas punggung Bathara Wisanu dengan aman.

Para dewa lalu meletakkan gunung ini di bagian barat Pulau Jawa. Namun hal ini membuat pulau menjadi tidak seimbang. Bagian timur pulau menjadi terangkat ke atas. Lalu, para dewa memindahkan pulau ini ke bagian tengah pulau. Namun, Gunung Meru tercecer  sepanjang jalan pemindahan.

Hal ini menciptakan rangkaian gunung di sepanjang Pulau Jawa. Namun ketika ditempatkan di sebelah timur, Pulau Jawa tetap tidak seimbang. Para Dewa lalu memotong sebagian gunung dan meletakkan di bagian barat pulau. Gunung ini menjadi Gunung Pananggungan, modern ini. Gunung Meru lalu menjadi tempat singgah Bathara Guru jika ke Pulau Jawa. Oleh karena itu, kawah di puncaknya dijuluki dengan Jonggring Saloka, yang merupakan kediaman para dewa.

Demikianlah artikel singkat mengenai Gunung Semeru. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Selanjutnya : Ciri-ciri Wanita Lebat Bulu Kaki dan Tangan, Tidak Perlu Rendah Diri
Sebelumnya: Cara Buka Video di Camfrog
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar