Mengenal Legenda Lawang Sewu Semarang


Legenda Lawang Sewu, Semarang, bagi Anda yang berasal dari kota Semarang mungkin sudah tidak asing lagi dengan legenda ini. Atau mungkin bagi Anda yang bukan orang Semarang pun pernah mendengar cerita tentang lawang sewu ini. Mengingat gedung tua yang memiliki cerita sejarah yang kuat ini, sangat dikenal oleh masyarakat setempat atau pun di luar kota Semarangnya.

Gedung tua yang kini menjadi tempat wisata ini selalu menarik perhatian para wisatawan dalam dan luar negeri. Bukan hanya bentuk gedung tuanya yang menarik untuk di lihat dan ingin melihat dalamnya, namun cerita di balik keberadaan gedung itu yang lebih menarik.

Gedung Lawang Sewu artinya gedung yang memiliki seribu pintu, adalah sebuah kantor perkeretaapian yang dikelola oleh Belanda. Gedung yang awalnya dianggap sebagai gedung biasa saja berubah setelah Jepang menyerbu dan menguasai tempat ini, kemudian menjadikannya sebagai tempat peristirahatan tentara mereka.

Di dalam gedung Lawang Sewu tersebut terdapat penjara jongkok dan penjara berdiri, yang konon telah memakan banyak korban pada masa penjajahan Jepang tersebut. Yang jadi korbannya bangsa Belanda dan Jepang. Penjara yang hanya berukuran kecil 1,5 x 1,5 meter dan tinggi 60 centimeter ini bukan hanya menyiratkan kekejaman pada saat itu, namun juga menjadi cerita yang menakutkan.

Tak heran jika kemudian gedung Lawang Sewu sebenarnya merupakan gedung bersejarah dan menjadi saksi sejarah ini, menjadi gedung yang penuh dengan mistis dan berkesan horor. Bukan hanya meninggalkan cerita yang memilukan dan menakutkan, banyak kejadian yang bercerita horor di gedung ini.

Tak heran banyak pengunjung tertarik bukan karena cerita sejarahnya, tetapi tertarik dengan keberadan makhluk halus yang konon banyak bergentayangan di gedung tua ini.

Apalagi gedung yang masih terlihat original bentuknya ini, tidak begitu diperhatikan dan kurang mendapatkan perawatan yang baik dari pemerintah setempatnya. Sehingga kesan angker pun semakin memperkuat gedung ini.

Walaupun demikian, masih saja banyak orang yang tertarik dengan gedung ini, tentu saja tidak lepas dari legenda Lawang Sewu Semarang, sehingga membuat penasaran banyak orang untuk mengetahuinya secara dekat mengenal gedung tua tersebut.

Selanjutnya : Arti Solat dan Manfaatnya yang Dikerjakan Secara Sunnah
Sebelumnya: Cerita Legenda Jack Sparrow
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar