Legenda Wijayakusuma, Asal Mula Pulau Nusa Kambangan


Legenda Wijayakusuma sangat populer. Konon, legenda ini dipercaya sebagai kisah yang menceritakan tentang asal mula Pulau Nusa Kambangan. Bagaimana ceritanya?

Wijayakusuma

Syahdan, Kerajaan Kediri dipimpin oleh seorang Raja bernama Prabu Aji Pamoso. Prabu Aji Pamoso dikenal sakti dan cukup disegani oleh rakyatnya. Kemudian tersiarlah kabar, bahwa di wilayah kerajaannya hidup seorang Resi yang juga terkenal kesaktiannya. Resi tersebut bernama Resi Kano.

Mendengar kesaktian Resi Kano, Prabu Aji Pamoso gelisah. Ia iri sekaligus khawatir, pamor dan kesaktian Resi Kano akan menurunkan wibawanya di hadapan rakyat kediri. Maka ia pun merencakan berbagai macam cara untuk mengenyahkan Resi Kano dari wilayah kekuasaannya. Ia mengumpulkan prajurit-prajurit terbaik kerajaan untuk mengusir atau membunuh Resi Kano.

Rupanya, rencana ini tercium oleh Resi Kano. Maka, sebelum rencana itu direalisasikan Resi Kano sudah terlebih dahulu lari meninggalkan Kerajaan Kediri. Mendengar berita larinya Resi kano tersebut, Prabu Aji semakin geram. Ia segera mengintruksikan seluruh pengawal dan prajuritnya untuk mengejar dan membunuh Resi Kano. Prabu Aji sendiri ikut bersama pasukan tersebut. Pengejaran dilakukan hingga ke Pantai selatan Pulau Jawa.

Resi Kano terus berlari mencari daerah yang aman untuk berlindung. Ia kemudian bertapa dan memohon kepada Yang Maha Kuasa agar melindungi dirinya dari niat jahat Prabu Aji dan pasukannya.Rupanya, tempat persembunyian tersebut berhasil ditemukan oleh Prabu Aji dan pasukannya. Prabu Aji menemukan Resi Kano sedang khusyuk bersemedi.

Namun Sang Prabu tidak peduli. Dengan tangannya sendiri Sang Prabu membunuh Resi Kano dalam kondisi khusyuk bersemedi tersebut. Namun, alangkah kagetnya Sang Prabu, seketika raga Resi Kano ikut lenyap bersama nyawanya. Bersamaan dengan itu muncul gemuruh suara memanggil Sang Prabu.

Suara itu berseru, “Wahai Sang Raja, Engkau telah berjasa mengembalikan wujudku menjadi manusia biasa. Aku bernama Dewi Wasowati. Sebagai ucapan terima kasihku akan kupersembahkan sebuah cangkok bunga Wijaya Kusuma. Bunga ini bukan bunga biasa.

Pemegang cangkok bunga ini akan menurunkan raja-raja yang berkuasa di tanah Jawa.
Mendengar itu Sang Prabu Sangat gembira. Dengan kesaktiannya ia berhasil mendayung perahu menemui Dewi Wasiwati di Puncak Karang Pulau sebuah pulau kecil untuk menjemput cangkok bunga wijaya kusuma. Pulau kecil itu kemudian dikenal dengan pulau Nusa Kambangan. Sehingga legenda wijayakusuma dikenal juga dengan legenda muasal Pulau Nusa Kambangan.

Selanjutnya : 3 Peristiwa Alam di Indonesia yang Paling Dahsyat
Sebelumnya: Cara Membuka Facebook Dari Email
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar