Lembaga-lembaga dan Permasalahan HAM di Indonesia


Indonesia adalah negara yang masih menyisakan banyak kasus yang belum terselesaikan terkait dengan pelanggaran HAM. Artikel ini akan membahas lembaga-lembaga dan permasalahan HAM di Indonesia.

a. Kasus Marsinah (1994)

Marsinah adalah pekerja perempuan dan aktivis. Dia menjadi korban pelanggaran HAM dan diduga mengalami penculikan, penganiayaan berat, dan pembunuhan sadis karena perjuangannya membela hak-hak pekerja di PT Catur Putera Surya, Porong Jawa Timur.

b. Kasus Wartawan Bernas-Udin (1996)

Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin adalah seorang wartawan dari Harian Bernas yang diculik, dianiaya oleh orang tak dikenal hingga tewas terkait pemberitaan yang ditulisnya.

c. Pelanggaran HAM di Aceh (1990)

Upaya Gerakan Aceh Merdeka (GAM) untuk melepaskan Aceh dari NKRI telah memakan banyak korban baik dari pihak aparat dan terutama sekali masyarakat sipil yang tidak berdosa.

d. Tragedi Semanggi dan Trisakti (1998)

Tanggal 11-13 November 1998 merupakan waktu terjadinya Tragedi Semanggi I dimana 17 orang warga sipil meninggal dan Tragedi Semanggi II terjadi pada 24 September 1999 dimana 1 orang mahasiswa meninggal dan 217 orang luka-luka. Tanggal 12-13 Mei 1998 terjadi Tragedi Trisakti dimana 4 mahasiswa meninggal dan puluhan lainnya luka-luka dalam demo untuk menurunkan Presiden Soeharto.

e.    Pelanggaran HAM Atas Nama Agama (2000-2013)

Hal ini banyak dialami oleh komunitas agama minoritas di Indonesia (Komunitas Syiah di Sampang, Gereja Filadelpia Jakarta, Ahmadiyah) yang tercerabut haknya untuk beragama dan mereka mengalami banyak diskriminasi oleh aparat maupun kelompok mayoritas.

Lembaga Perlindungan HAM di Indonesia

1. Kepolisian dan Kejaksaan

Kepolisian bertugas melakukan pengamanan terhadap korban pelanggaran HAM dan melakukan penyelidikan terkait perkara pelanggaran HAM yang dilaporkan. Sementara kejaksaan bertugas melakukan penuntutan perkara tersebut.

2. Komnas HAM

Komnas HAM berfungsi memberikan perlindungan sekaligus menegakkan hak asasi manusia di Indonesia.

3. Pengadilan HAM di Indonesia

Pengadilan HAM diperuntukkan untuk menangani perkara kejahatan terhadap kemanusiaan dan  pelanggaran HAM berat lainnya seperti genosida.

4. LBH dan YLBHI ( Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia)

Kedua lembaga ini berperan untuk memberikan bantuan hukum pada korban pelanggaran HAM khususnya untuk masyarakat yang tidak mampu.

Demikian penjelasan tentang lembaga-lembaga dan permasalahan HAM di Indonesia. Semoga menjadi pembelajaran bagi kita untuk tidak menjadi pelaku dan terhindar sebagai korban pelanggaran HAM.

Selanjutnya : Dibalik Cerita Putri Salju dan 7 Kurcaci
Sebelumnya: Cerita Princess Belle yang Sangat Menarik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar