Letak Gunung Himalaya dan Gunung Everest


Banyak yang bertanya di mana letak Gunung Himalaya dan Gunung Everest? Sebenarnya redaksi pertanyaan ini sedikit keliru. Himalaya bukanlah sebutan untuk sebuah gunung. Melainkan, Himalaya merupakan sebuah barisan pegunungan –kumpulan atau barisan dari beberapa gunung yang saling menyambung—di benua Asia yang memisahkan anak benua India dari Dataran Tibet. Sementara, Everest baru bisa disebut sebagai sebuah gunung. Jadi, pertanyaan yang pas seharusnya adalah di mana letak Pegunungan Himalaya? Atau di mana letak Gunung Everest?

Himalaya dan Everest

Di mana lokasi di mana Pegunungan Himalaya dan Gunung Everest Berada? Pegunungan Himalaya terbentang di Benua Asia. Pegunungan ini berbaris memanjang melewati lima negara, yaitu: Pakistan, India, China, Bhutan dan Nepal.

Pegunungan Himalaya sangat istimewa. Karena pada pegunungan inilah bertenggernya puncak-puncak gunung tertinggi di dunia, termasuk Gunung Everest dan Gunung Kanchenjunga. Pegunungan Himalaya juga dikenal sebagai sumber mata air dari dua sungai besar yang menjadi pusat peradaban dunia, yaitu Sungai Indus dan Sungai Ganga-Brahmaputra. Hingga hari ini, tidak kurang dari 750 juta nyawa hidup dan tinggal di sekitar daerah aliran sungai sepanjang Pegunungan Himalaya ini.

Selanjutnya tentang Gunung Everest dan di mana lokasinya? Gunung everest disebut-sebut sebagai gunung tertinggi di dunia. Dengan ketinggian gunung mencapai lebih kurang 8.850 m. Gunung everest terletak di barisan Pegunungan Himalaya. Tepatnya di perbatasan Nepal dan Tibet. Sementara, puncaknya terletak di Tibet.

Jika Anda tertarik ikut merasakan sensasi pendakian gunung tertinggi di dunia ini ada baiknya mengenal rute-rute pendakian termudah terlebih dahulu. Jika sudah berhasil menakhlukkan rute termudah ini, selanjutnya Anda bisa mencoba rute-rute lain yang lebih menantang. Menurut informasi dari wikipedia, rute pendakian termudah adalah dari South Col (Nepal).

Bagi Anda yang ingin lebih jauh mengetahui letak gunung Himalaya dan Gunung Everest, ada baiknya langsung mengunjungi situs google map. Di sana Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang lokasi pegunungan ini. Bentuk pegunungan yang indah akan membuat rasa kagum pada penciptaan semakin membumbung.

Selanjutnya : Kekuatan Militer Yang Dimiliki USA
Sebelumnya: Mengangkat Topik Menarik di Seminar Pemasaran dan Bisnis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar