Letak Gunung Semeru dan Bromo


Nama Gunung Semeru dan Bromo pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kedua gunung ini termasuk salah satu wisata favorit di Jawa Timur dan juga favorit para pendaki gunung. Keindahan panorama di Gunung Semeru dan Bromo sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya adalah keindahan abadi bunga Edelweiss dan menikmati indahnya matahari terbit dari Puncak Bromo.

Letak Gunung Semeru dan Bromo berada di Provinsi Jawa Timur. Untuk Gunung Semeru, letaknya diapit oleh empat kabupaten sekaligus. Yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang.

Gunung Bromo

Eksotisme saat matahari terbit di puncak Bromo selalu mampu menaklukkan hati setiap wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Bahkan meskipun sudah beberapa kali mendaki ke puncak dan menunggu terbitnya matahari, para pendaki tidak pernah merasa bosan untuk kembali ke puncak Bromo kelak kemudian hari.
Agar mendapatkan posisi terbaik untuk melihat matahari terbit, kita bisa mendaki ke Penanjakan.

Namun untuk mendaki hingga ke puncak tersebut, tentu kita harus menyiapkan perbekalan dan stamina yang prima. Sebab, di kaki bukit kita sudah disambut dengan lautan pasir. Sepanjang jalan menuju puncak Bromo memang penuh dengan hamparan pasir.

Menuju puncak, energi yang dikeluarkan juga semakin besar. Mengingat tanjakan yang curam dengan diapit jurang di sekelilingnya. Untuk sampai ke Bromo, kita bisa mengambil rute melalui Probolinggo karena akses jalannya yang lebih mudah dan lebih dekat.

Gunung Semeru

Sedangkan Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini masih aktif dan bersebelahan dengan Gunung Bromo. Secara administrasi, Gunung Semeru berada di wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Sebagaimana Gunung Bromo, Gunung Semeru juga menawarkan eksotisme alam yang sungguh memikat. Bedanya, kita tidak akan disambut dengan lautan pasir sebagaimana saat mendaki ke Gunung Bromo, melainkan hamparan rumput hijau yang menyejukkan pandangan ditambah pohon-pohon pinus yang tumbuh di lerengnya.

Sebagaimana Gunung Bromo, kita juga bisa menemukan Edelweis di sini. Bagi siapa saja yang ingin menikmati eksotisme alam di Gunung Semeru, kita bisa memilih akses jalan dari Malang.
Itulah letak Gunung Semeru dan Bromo. Bagaimana, tertarik berkunjung ke sana?

Selanjutnya : Pilih-Pilih Tempat Pariwisata di Asean
Sebelumnya: Cara Penanggulangan Diabetes dengan Memeriksa Kejiwaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar