Di Mana Letak Kelenjar Getah Bening?


Kelenjar getah bening adalah struktur kecil, tapi sangat penting. Letak kelenjar getah bening utama berada di dalam limpa yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang lebih besar dalam tubuh.

Sisanya tersebar menyusuri suatu jaringan dalam tubuh. Adapun fungsi kelenjar ini bertindak sebagai filter, menghilangkan partikel-partikel berbahaya dan melawan bakteri.

Banyak orang melihat bahwa beberapa kelenjar getah bening di tubuh mereka membengkak ketika mereka sakit. Penyebabnya, struktur ini bekerja lembur untuk menghasilkan lebih banyak sel darah putih untuk melawan infeksi.

Pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa menjadi gejala dari masalah yang lebih serius, seperti kanker yang telah menyebar ke kelenjar getah bening.

Dalam fungsi kerjanya, sistem getah bening adalah sistem yang saling berhubungan yang luas dan mengangkut getah bening melalui tubuh. Getah mengandung sel darah putih yang disebut limfosit bersama dengan protein tertentu dan beberapa sel darah merah. Cairan ini membantu tubuh melawan infeksi.

Saat melewati kelenjar getah bening, kelenjar ini menarik agen infeksi, seperti bakteri, dari aliran getah bening. Sehingga, mereka tidak terus beredar ke seluruh tubuh.

Kelenjar ini kadang-kadang disebut “gland,” meskipun ada pula fakta bahwa kelenjar tidak memproduksi hormon atau cairan lainnya. Pembengkakan kelenjar getah bening belum tentu penyebab untuk alarm, karena mereka menunjukkan
bahwa tubuh Anda sedang melawan infeksi dan melakukannya dengan setidaknya beberapa keberhasilan.

Namun, ketika simpul getah bening menjadi sangat besar, sebaiknya periksakan ke dokter. Isi dari kelenjar getah bening kadang-kadang digunakan sebagai alat diagnostik untuk memeriksa berbagai kondisi. Biopsi secara rutin diambil mengidentifikasi kanker agar memastikan bahwa kanker belum menyebar ke dalam sistem limfatik.

Adapun dalam jumlahnya ada ratusan kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Biasanya, berukuran sekitar ukuran dalam bentuk kacang kecil. Sebuah lapisan tebal jaringan fibrosa melindungi bagian dalam kelenjar getah bening yang menyerupai sarang madu kacang tersebut dan didesain dalam bentuk sarang lebah, karena bertindak sebagai filter untuk menarik partikel yang terlalu besar untuk melewatinya.

Anda bisa merasakan letak kelenjar getah bening pada tonsil Anda yang terletak tepat di bawah rahang. Setelah kelenjar getah bening menetralkan zat berbahaya, maka zat itu dapat dilepaskan ke sistem getah bening lagi. Sehingga, tubuh bisa mengeluarkan zat itu bersama dengan limbah tubuh lainnya.

Selanjutnya : Faktor-faktor dan Pengertian Singkat Mengenai Kesetimbangan Kimia
Sebelumnya: Contoh Kesenian Tradisional di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar