Letak Sumber Daya Batubara di Indonesia


Batubara adalah salah satu sumber daya alam yang ada di Indonesia. Batubara termasuk bahan bakar fosil. Elemen-elemen utama dari batubara adalah hidrogen, oksigen dan karbon. Batubara disebut batuan organik karena mempunyai sifat-sifat kimia dan fisika yang kompleks. Lalu, dimana batubara tersebar di Indonesia? Berikut letak sumber daya batu bara di Indonesia.
Batubara adalah batuan sedimen yang bisa terbakar kemudian terbentuk dari endapan yang organik, yang biasanya dari sisa-sisa tumbuhan dari proses pembatubaraan.  Batubara bisa digunakan untuk berbagai macam produk. Batubara bisa dibuat menjadi parfum, bensin, kapur barus sampai untuk di dapur yaitu baking powder.

Untuk di Indonesia, batubara terletak di cekungan tersier. Daerah di Indonesia yang memiliki endapan batubara salah satunya berada di bagian barat Paparan Sunda. Biasanya, endapan batubara ekonomis digolongkan menjadi batubara berumur eosen atau tersier bawah. Batubara eosen mengandung sulfur tinggi dan berkadar abu dengan endapan yang lebih tipis.

Sumber daya batu bara di Indonesia sangat banyak, khususnya di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Cekungan tersiernya yang terdapat batubara yang sudah dikenal secara umum adalah di cekungan Bengkulu, Ombilin (Sumatera Selatan), Riau, Tarakan(Kalimantan Timur), Barito (Kalimantan Selatan), Kutai Atas (Kalimantan Tengan Dan Timur) Melawi Dan Ketungau (Kalimantan Barat), Pasir dan Asam-Asam (Kalimantan Selatan Dan Timur), Meulaboh, dan sebagainya.

Sementara itu, batubara yang sudah dieksploitasi dan memiliki nilai ekonomis adalah cekungan di daerah Kalimantan Timur dan Sumatera Selatan. Untuk di daerah lainnya, terdapat juga sumber daya batu bara, namun dalam jumlah yang kecil dan belum bisa ditentukan nilai ekonomisnya. Daerahnya adalah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Papua dan juga Sulawesi.

Itulah sekilas mengenai batubara dan letak sumber daya batubara di Indonesia. Batubara adalah sumber daya yang Sangat Bermanfaat karena bisa digunakan menjadi berbagai macam produk. Namun sayang sumber daya manusia di Indonesia belum bisa mengolahnya dengan baik. Padahal jika bisa kita olah sendiri akan banyak memberikan dampak positif bagi Indonesia. Semoga saja generasi penerus bisa menjadi tuan di tanahnya sendiri dan bisa mengolah suber daya ini sendiri.
.

Selanjutnya : Pemanfaat Limbah Kotoran Ayam
Sebelumnya: Gaya Kepemimpinan Presiden Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar