Pemanfaat Limbah Kotoran Ayam


Pengelolaan limbah kotoran ayam yang baik wajib dilakukan oleh semua pemilik usaha peternakan unggas ini. Sayangnya, tidak semua peternak memiliki kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk mengelola limbah kotoran dari usaha peternakan yang mereka jalankan. Banyak diantara mereka yang mengabaikan pengelolaan limbah kotoran ternak dengan membiarkannya begitu saja atau bahkan membuangnya ke kali. Hingga menimbulkan berbagai persoalan lingkungan, antara lain sebagai berikut.

  1. Menyebabkan timbulnya berbagai gangguan kesehatan. Sebab, limbah kotoran ternak yang dibuang sembarangan akan menjadi tempat berkembang biak aneka kuman dan bakteri. Lalat pun akan mengerumuni limbah kotoran ini. Akibatnya, orang-orang yang tinggal di sekitar tempat limbah kotoran dibuang dapat terjangkit berbagai penyakit.
  2. Bau yang timbul dari limbah peternakan ayam dapat menyebabkan polusi udara, yang juga dapat menganggu kesehatan orang-orang di lingkungan sekitar.
  3. Lingkungan peternakan ayam yang tidak terjaga kebersihannya berpotensi menjadi tempat berkembangnya virus flu burung yang sangat berbahaya untuk kesehatan.

Untuk menghindari semua dampak buruk yang dapat timbul dari limbah peternakan ayam, limbah tersebut harus dikelola dengan sebaik-baiknya. Selain untuk menjaga agar kotoran ayam dan sisa-sisa pakan tidak mencemari lingkungan, pengelolaan limbah peternakan ayam dengan baik juga akan memberikan nilai manfaat.

Limbah kotoran dari peternakan ayam dapat diolah menjadi aneka produk sampingan yang bernilai ekonomi, antara lain sebagai berikut.

  1. Sebagai pupuk organik padat.
  2. Pupuk organik cair.
  3. Sebagai sumber biogas.
  4. Sebagai bahan baku pembuatan pakan bebek.

Selain bernilai ekonomi sehingga menambah penghasilan peternak, pengolahan limbah kotoran ayam sehingga menghasilkan aneka produk sampingan ini juga memberikan kontribusi pada upaya penyelamatan lingkungan.Penggunaan pupuk organik dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia. Dengan berkurangnya penggunaan pupuk kimia, berbagai dampak buruk yang ditimbulkannya pun dapat dikurangi, seperti pencemaran tanah, pencemaran air, dan produk-produk pertanian yang terkontaminasi aneka zat kimia berbahaya. Sementara itu, biogas akan menghemat penggunaan gas alam sehingga menghemat penggunaan energi yang tidak terbarukan.

Selanjutnya : Menggalakkan Program Lingkungan Bersih di Sekolah Dasar
Sebelumnya: Letak Sumber Daya Batubara di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar