Lingkungan Hidup Memiliki Keterbatasan Umur

Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup memiliki keterbatasan umur layaknya umur makhluk hidup. Maksud dari penyataan tersebut adalah bahwa semua komponen lingkungan hidup tersebut dapat habis atau mati manakala tidak dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik. Perlu diketahui juga bahwa lingkungan hidup tersebut disebut dengan ekosistem, yang di dalamnya meliputi unsur-unsur makhluk hidup dan benda mati. Yang termasuk unsur makhluk hidup di antaranya adalah manusia, hewan, tumbuhan, bakteri, dan lain sebagainya. Sementara itu, yang termasuk unsur benda mati di antaranya adalah udara atau angin, tanah, dan air.

Loading...

Komponen Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup tersebut memiliki beberapa komponen, di antaranya:

  1. Autotrofik. Komponen ini meliputi semua makhluk hidup yang dapat memproses dan menghasilkan makanan untuk melangsungkan kehidupannya. Proses tersebut dibantu dengan adanya sinar matahari dan mulut daun (stomata). Yang termasuk pada komponen ini adalah jenis rumput-rumputan dan tumbuhan.
  2. Heterotrofik. Komponen ini meliputi semua makhluk hidup yang tidak dapat memproses dan menghasilkan makanan secara langsung. Komponen ini memanfaatkan semua bahan yang tersedia untuk dijadikan makanan demi kelangsungan hidupnya.

Semua komponen-komponen tersebut menjadi terbatas karena dalam prosesnya akan mengalami seleksi alam yang dapat menyebabkan berkurangnya salah satu di antara komponen tersebut. Pada hakikatnya, kedua komponen di atas tersebut saling berhubungan dan terkait satu sama lain. Ada yang berperan sebagai produsen, konsumen, ataupun pengurai. Selama semua komponen tersebut berada dalam tatanan yang seimbang maka tidak menimbulkan permasalahan karena semuanya akan terganti.

Dengan kata lain, “patah satu tumbuh seribu.” Artinya ketika salah satu komponen tersebut dimakan oleh yang lain, dapat tergantikan lagi dengan yang baru. Tatanan yang seimbang juga dapat dikatakan bahwa semua komponen bekerja dalam urutan dan susunan rantai makanan yang lancar.

Lain halnya makanala salah satu dari komponen tersebut mengalami penurunan atau habis maka akan berimbas kepada komponen yang lainnya. Contohnya adalah apabila sudah sulit ditemukan rumput-rumputan, itu dapat berimbas pada perkembangan kehidupan hewan atau binatang yang membutuhkan rumput sebagai makanan pokoknya.

Lingkungan hidup memiliki keterbatasan umur tersebut dapat diantisipasi dengan mengembalikan komponen yang terkait. Hal ini agar berjalan dengan lancar atau seimbang. Apabila kita mengetahui ada salah satu komponen lingkungan hidup yang mulai hilang, maka hendaknya menumbuhkan kembali komponen tersebut. Dengan begitu, tatanannya tetap seimbang dan lingkungan hidup dapat bertahan lama demi kelangsungan semua makhluk.

Loading...
Selanjutnya : Resep Brownis Kukus Buatan Sendiri
Sebelumnya: Referensi Brosur Angsuran Kredit Motor Kawasaki
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar