Ciri-ciri Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat

Apa saja ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat? Perkembangan masyarakat dan teknologi mempunyai andil besar mengapa kondisi bumi hari ini tidak seperti dahulu, di mana lingkungan bersih dan sehat menjadi pemandangan sehari-hari. Tidak ada limbah kimia, sungai jernih, tumbuhan rindang, udara segar,bahkan air sangat jernih.

Meskipun demikian, perubahan kondisi lingkungan hari ini bukan berarti tidak ada cara dan solusi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Kesadaran dirilah yang dapat mengubah lingkungan menjadi sehat, namun harus disertai dengan perilaku yang bijak terhadap lingkungannya.

Loading...

Ciri-ciri Lingkungan Sehat

Lingkungan nyaman bukan hanya sekadar bersih, tapi juga sehat. Adapun misi lingkungan sehat yakni lebih memprioritaskan sisi kesehatan dan dampak positif pada makhluk hidup. Salah satunya adalah memulai dengan lingkungan permukiman kita yang setiap hari kita tempati, apakah sudah sesuai dengan standar kesehatan, yakni dengan memfasilitasi tempat pembuangan sampah, menanam tanaman, dan menciptakan kesadaran cinta lingkungan hidup dengan membiasakan hidup bersih dan sehat.

Ciri-ciri umum lingkungan sehat yakni udara bersih dan segar, sumber air yang bersih, banyak tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur, sampah tidak bertebaran di mana-mana, dan tercermin pola hidup sehat dan bersih.Dengan kondisi lingkungan yang sehat, akan mengurangi penyebaran berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, kuman, dan virus-virus yang setiap saat menyerang orang-orang sekitar lingkungan.

Ciri-ciri Lingkungan Tidak Sehat

Lingkungan sehat jelas dan tidak sehat jelas berbeda. Tidak ada standar yang memenuhi syarat kesehatan dan berdampak pada kerusakan lingkungan seperti udara yang kotor disebabkan debu dan asap industri yang tidak ramah lingkungan, asap kendaraan hingga pembakaran hutan. Selain itu, sampah bertebaran dimana-mana serta minimnya pengolahan sampah, sumber air tercemar karena polusi lingkungan dan akibat pembuangan limbah ke sungai, tumbuhan tidak tumbuh dengan subur hingga menyebabkan lingkungan menjadi gersang. Ditambah dengan lingkungan tempat tinggal yang kumuh serta kurangnya kesadaran cinta lingkungan menambah derita buruk sebuah lingkungan yang tidak sehat.

Berbagai dampak sudah menanti jika tidak segera dilakukan perubahan. Lingkungan sehat dan tidak sehat hanya kitalah yang dapat menentukannya. Berbagai pengaruh pencemaran lingkungan berdampak pada kesehatan. Salah satunya pencemaran udara dapat mengakibatkan sesak napas, asma, bahkan menyebabkan kanker. Pencemaran air berdampak pada seseorang terkena diare, muntaber, gatal-gatal, dan penyakit kulit.

Kita adalah bagian dari lingkungan yang kita tinggali. Jadi, lingkungan sehat dan tidak sehatbisa tercipta karena pribadi masing-masing individu. Jika ingin tinggal di lingkungan sehat, maka kita harus berupayauntuk menjaga, merawat, dan melestarikan lingkungan. Jika kita malah merusak, menjarah, dan mengolah lingkungan secara sembarangan, maka dampaknya adalah terancamnya kehidupan makhluk hidup di bumi ini.

Loading...
Selanjutnya : Upaya Perbaikan Langkah-langkah Marketing
Sebelumnya: Proses Pembentukan Manusia Berdasarkan Landasan Kependidikan di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar