Lirik Lagu Anak-anak Karya Ibu Sud yang Penuh Inspirasi


Kreatifitas seorang Ibu Sud, yang mempunyai nama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibjo ini memang luar biasa. Kegemarannya bermain musik dan kecintaannya pada anak-anak dan dunianya membuatnya mendapatkan rekor MURI. Tentunya dengan lirik-lirik lagu anak-anak karya Ibu Sud yang lebih dari 200 buah lagu itu.

Beberapa dari karya Ibu Sud yang masih terkenal hingga kini adalah lirik lagu tentang aktivitas anak-anak. Beberapa contohnya yaitu “Becak” dan “Naik Delman” yang masih populer di taman kanak-kanak. Lagu yang terispirasi dari melihat ekspresi anak-anak yang naik becak dan juga delman.

Lirik lagu anak tentang fenomena alam juga menjadi salah satu tema yang diangkat Ibu Sud dalam karyanya. Beberapa contoh lagu yang juga masih terkenal hingga kini yaitu lagu, “Naik-Naik ke Puncak Gunung” dan “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”.

Lirik lagu anak tentang hewan juga lahir dalam lagu ciptaannya. Salah satu lagunya berjudul “Burung Kutilang”. Menggambarkan betapa lucunya burung kutilang yang pandai bernyanyi. Mengajari kita bahwa hidup itu harus dinikmati tanpa jemu. Begitu pun dengan lagu lainnya yang berjudul “Kupu-Kupu yang Lucu”.

Dunia anak yang penuh keceriaan juga melahirkan lirik lagu anak yang ceria. Salah satunya yaitu lagu yang berjudul “Lagu Gembira”. Lagu ini menginspirasi kita bahwa bersorak, berarak, atau bertepuk tanganlah ketika perasaan kita benar-benar menyenangkan dan menggembirakan hati.

Untuk mengajari anak-anak melakukan sesuatu dengan menyenangkan Ibu Sud juga menciptakan lirik lagu anak berisi ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah lagu yang berjudul “Menanam Jagung”. Membuat menanam jagung menjadi sesuatu yang menyenangkan dan mudah untuk dilakukan siapa saja termasuk anak-anak.

Lagu-lagu tersebut begitu familiar di telinga kita. Ciri khas dari lirik lagu anak-anak karya Ibu Sud yaitu lirik lagu yang sederhana, singkat, dan mudah diingat, serta mudah dinyanyikan. Tidak memerlukan kemampuan vokal tertentu untuk menyanyikannya. Dengan begitu semua anak dapat menyanyikannya dengan baik. Namun, kesederhanannya penuh dengan inspirasi dan pesan moral untuk anak Indonesia yang selalu bahagia dan ceria.

Selanjutnya : Contoh Daftar Pustaka dari Koran dan Cara Penulisannya
Sebelumnya: Perilaku Gadis Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar