Milan Sebagai Lokasi Stadion Terbesar di Dunia

Lokasi stadion terbesar di dunia terletak di Milan, Italia. San Siro atau Giuseppe Meassa adalah nama dari stadion ini. Penamannya diambil dari nama seorang santo yang yang berhasil mendapatkan sebuah kapel yang terletak di pinggiran Kota Millan.

Stadion ini memiliki kapasitas penonton sebanyak 85.000 orang. Jumlah yang sangat banyak untuk penonton sepak bola. Hal ini nampaknya menjadi sebuah hal yang wajar mengingat banyaknya penggila AC Milan tidak hanya yang berasal dari Milan tapi juga dari negara lain.

Perluasan Pertama

Perluasan pertama dari stadion pemberian dari Piero Pirelli ini dilakukan pada tahun 1935. Antusiasme masyarakat Milan pada persepakbolaan Milan membuat perluasan mulai dilakukan dengan perluasan tribun penonton. Perluasan ini dilakukan setelah stadion ini sah menjadi milik dewan kota.

Seorang arsitek yang bernama Roca dan insinyur bernama Calzolari inilah yang bekerja keras dalam duetnya dalam proses perluasan yang pertama kali dilakukan ini. Hasilnya yaitu dibangunnya sebuah lereng eksternal yang bertujuan untuk memudahkan akses menuju stadion.Perluasan pertama ini menghabiskan dana sebesar 5 juta lira dalam rangka modernisasi stadion.

Renovasi Kedua

Tidak berhenti sampai di situ, Stadion San Siro diperluas lagi pada tahun 1954 disusul 1955 untuk menjadi stasiun terbesar dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 85.000 seperti sekarang ini. Seluruh bagian stadion disulap dengan berbagai sarana baru mulai dari set lampu sorot di tahun 1957.

Disusul kemudian dengan penggunaan papan skor elektronik yang masih sangat jarang digunakan pada waktu itu, yaitu pada tahun 1979. Untuk menghormati seorang pemain intermilan di era 1930 hingg 1940 an maka stadion ini dinamakan Stadion Giuseppe Mezza. Penggantian nama ini disusul dengan pewarnaan merah, jingga, hijau, dan biru menjadikan stadion lebih berwarna.

Renovasi Ketiga

Selanjutnya pada tahun 1990 pemugaran kembali dilakukan. pemugaran yang ke-3. Pada pemugaran ini stadion dibuat lebih nyaman. Mulai dari penggunaan warna dan penomoran pada kursi  penonton yang bersifat ergonomis demi kenyamana para penonton.

Teknologi drainase yang baru besetra pemanas dan juga lampu sorot yang bersistem melengkapi renovasi saat itu. Begitupun dengan atap polikarbon yang menjadi penaung 85.700 penonton  yang memadati stadion ini untuk meresmikan piala dunia pada tanggal 8 Juni 1990.

Sejak saat itulah semua mata tertuju pada stadion San Sire sebagai salah satu stadion yang termegah dan terbesar yang pernah ada di dunia. Hal ini membuat Milan, Itali menjadi lokasi stadio terbesar di dunia hingga kini.

Itulah sebabnya banyak fans AC Milan yang tidak hanya bermimpi untuk bertemu pemain favorit mereka di Milan tapi juga menyaksikan kemegahan stadion ini.

Loading...
Selanjutnya : Apakah Ipod Touch bisa Internetan Tidak?
Sebelumnya: Memupuk Cinta dengan Kumpulan SMS Mesra Buat Suami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar