Lomba Menulis Cerpen Kenakalan Remaja di Lingkungan Sekolah


Remaja adalah usia penuh gejolak. Masa yang penuh rasa ingin tahu dan banyak mencoba hal-hal yang ingin diketahuinya. Itu adalah sesuatu yang lumrah, tetapi apabila tidak dapat dikendalikan dengan baik akan berdampak negatif menjadi kenakalan yang tidak diharapkan.

Pada masa penuh gejolak seperti ini, sebaiknya remaja diberikan kesibukan yang mendidik dan bermanfaat, misalnya diadakan berbagai macam lomba, termasuk lomba menulis cerpen kenakalan remaja di lingkungan sekolah.

Dengan diadakannya lomba menulis, akan menimbulkan minat menulis sekaligus meningkatkan minat baca bagi anak-anak usia sekolah.

Menulis cerpen juga sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan imajinasi remaja, sangat baik untuk menggalang potensi kreatif yang terpendam.

Dengan adanya penyaluran melalui lomba menulis cerpen, siswa atau anak remaja akan dapat mencurahkan gejolak jiwanya dalam bentuk karya tulis yang dapat dibanggakan.

Terlebih jika tema yang diambil adalah cerpen kenakalan remaja di lingkungan sekolah. Dengan terlibat secara emosi dan kreasi dalam penulisan masalah ini, diharapkan remaja dapat mengembangkan pemikiran akan bahaya dan dampak negatif dari kenakalan remaja.

Ini kan menjadi semacam menasihati diri sendiri secara tidak disadari. Akibat-akibat buruk kenakalan yang mereka tulis secara tidak langsung akan mempengaruhi pola tingkah laku mereka, mereka kan menghindari, bahkan membencinya.

Lomba dapat dibuat secara berkala agar rangsangan kreasi tidak besifat sesaat saja. Ini akan memberi efek pendidikan yang lebih baik, terutama dalam upaya penanggulangan kenakalan remaja.

Lomba seperti ini akan menjadi semacam kampanye, baik kampanye anti tawuran pelajar, kampanye anti narkoba, kampanye pencegahan seks pranikah, dan bentuk-bentuk kenakalan lain yang patut dicegah.

Penulisan cerpen saat ini banyak dibutuhkan sebagai bahan bacaan ringan. Banyak buku-buku cerpen yang terbit, bahkan dari para penulis pemula.

Jejaring sosial semacam Facebook keberadaannya sangat mendukung kreatifitas seperti ini, karena mereka dapat dengan mudah mengenalkan karya cerpen dalam jejaring pertemanan.

Lomba menulis cerpen kenakalan remaja di lingkungan sekolah tentu akan menarik banyak minat para remaja, apalagi bila dirangsang dengan hadiah-hadiah yang menarik.

Semoga catatan kecil ini menginspirasi siapa saja yang peduli terhadap remaja dan masa depannya, terutama terhadap pelestarian bahasa Indonesia.

Selanjutnya : Akibat Eksploitasi Anak oleh Orangtua
Sebelumnya: Membuat Keripik Singkong Dan Kentang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar