Lomba Teks Pidato Dampak Merokok Terhadap Kesehatan


Membuat teks pidato dampak merokok terhadap kesehatan, perlu kita pelajari dulu bagaimana cara membuat teks pidatonya dan mencari referensi mengenai dampak merokok terhadap kesehatan.

Membuat teks pidato sebenarnya gampang-gampang susah karena pidato yang disampaikan setidaknya memiliki ciri khas tersendiri dan saat disampaikan tepat sasaran.

Tips membuat teks pidato dampak merokok, perlu dipahami dulu dan dipelajari terlebih dahulu apa itu rokok, alasan kenapa orang senang merokok.

Meskipun mereka tahu bahwa rokok berbahaya bagi kesehatan, tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga berbahaya bagi orang lain yang menghirup asap rokoknya, yang biasa disebut perokok pasif.

Banyak kampanye dampak merokok terhadap kesehatan yang tidak ada efek bagi para perokok dan mereka terus merokok tanpa berpikir itu membahayakan diri mereka sendiri dan orang lain.

Teks lomba pidato dampak merokok terhadap kesehatan sebaiknya dikemas dengan bahasa dan kata-kata yang mudah dimengerti dan dipahami penonton atau pendengar pidato.

Saat menggunakan istilah asing disertai pula penjelasan mengenai istilah tersebut, sehingga para penonton, pendengar, dan pembaca teks pidato paham akan istilah yang kita gunakan untuk menghindari salah mempersepsikan kata.

Kesulitan dalam membuat teks lomba pidato dampak merokok terhadap kesehatan adalah menyederhanakan penjelasan mengenai penyakit yang ditimbulkan akibat merokok terhadap kesehatan.

Ini dikarenakan istilah-istilah medis kesehatan yang menjelaskan proses penyakit yang ditimbulkan akibat merokok yang menyerang beberapa organ dalam tubuh. Sebisa mungkin dalam membuat teks pidato ini lebih disederhanakan, sehingga mudah untuk dipahami.

Dalam membuat teks pidato ini perlu menyertakan data-data yang menguatkan bahwa merokok sangat membahayakan bagi kesehatan.

Dalam menyertakan data-data ini tidak perlu disajikan dalam bentuk tabel karena hanya akan menyulitkan kita, cukup dijelaskan dengan kata-kata saja untuk menjelaskan dampak apa saja yang ditimbulkan akibat merokok terhadap kesehatan dengan prosentasi jenis penyakit yang ditimbulkan akibat merokok.

Penggunaan kata-kata yang efektif, mudah dipahami, dan dengan gaya bahasa bahasa dalam teks pidato dampak merokok terhadap kesehatan mempunyai ciri khas sendiri, serta dalam teks lomba pidato mengingatkan pula bahwa bahaya merokok mengancam kesehatan keluarga yang menghirup asap rokok.

Selanjutnya : Penelitian Analisis
Sebelumnya: Pendidikan Menurut Depdiknas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar