Mona Lisa, Lukisan Pelukis Terkenal Leonardo da Vinci


Dalam perjalanan sejarah seni lukis, terdapat beberapa nama pelukis paling terkenal. Nama mereka dikenal luas berkat karya lukis yang menjadi masterpiece dan monumental. Salah satu lukisan pelukis terkenal di dunia adalah Mona Lisa karya Leonardo da Vinci.

Mona Lisa menjadi salah satu lukisan yang paling terkenal di dunia. Dalam bahasa Italia, Mona merupakan kependekan dari kata Madonna yang berarti “nyonyaku”, sedangkan Lisa diduga kuat adalah nama perempuan yang dilukis tersebut, sehingga lukisan Mona Lisa dapat diartikan sebagai lukisan Nyonya Lisa.

Lukisan Mona Lisa diyakini merupakan karya terbaik dari Leonardo da Vinci, seorang pelukis legendaris kelahiran Italia pada tanggal 15 April 1452 dan wafat di Prancis pada tanggal 2 Mei 1519 dalam usia umur 67 tahun. Lantaran sang pelukis meninggal dunia di Prancis, maka saat ini lukisan Mona Lisa berada di bawah wewenang pemerintah Prancis dan disimpan di Musée du Louvre yang menjadi museum paling terkenal di Paris.

Nama Mona Lisa yang menjadi judul lukisan tersebut sebenarnya diambil buku tentang Leonardo da Vinci yang ditulis oleh Giorgio Vasari pada tahun 1550 atau 31 tahun setelah sang pelukis meninggal dunia. Dalam buku tersebut diketahui bahwa sosok perempuan dalam lukisan tersebut adalah Lisa Gherardini yang merupakan istri seorang kaya-raya di Firenze, Italia, bernama Francesco del Giocondo.

Leonardo da Vinci melukis Mona Lisa dalam bentuk ukuran setengah badan. Lukisan yang menggambarkan seorang wanita dengan tatapan misterius ini telah menjadi bahan penelitian selama berabad-abad lamanya karena dinilai mengandung nilai enigmatik yang membuat banyak ahli merasa penasaran untuk mengungkap apa sebenarnya makna yang terkandung dalam lukisan beraura magis itu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Mona Lisa masih menjadi lukisan pelukis terkenal di dunia hingga saat ini. Lukisan ini telah menjadi insipirasi dalam berbagai kerja seni yang lain seperti penulisan novel, film, seni pertunjukan atau teater, dan lain sebagainya. Mona Lisa memang pantas dilukis oleh seorang Leonardo da Vinci karena sosok seniman yang satu ini juga terkesan misterius dan penuh teka-teki yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Selanjutnya : Menemukan Hotel Murah di Bandung
Sebelumnya: Deskripsi Ucapan Selamat Ulang Tahun Pada Pacar Yang Berkesan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar