Lukisan Sketsa Wajah Manusia Ekspresi Sedih


Melukis itu menggunakan tidak hanya rasa tetapi juga perhitungan matematika. Pelukis hebat seperti Leonardo da Vinci saja menggunakan mekanisme penghitungan yang luar biasa sangat detail untuk gambar wajah Monalisa.

Bila ingin belajar secara mendasar dan mendalam bisa membuat lukisan sketsa wajah manusia ekspresi sedih, ekspresi gembira, atau ekspresi apa pun mulai dari menggambar kontur wajah.

Sudut Pandang

Tentukan dahulu sudut pandang. Buat bulatan dan bagi menjadi tiga bagian. Garis pertama untuk gambar alis. Garis kedua untuk gambar hidung dan garis yang ketiga untuk bibir. Sisanya untuk bagian dahi (bagian atas) dan bagian dagu (bagian bawah). Untuk sketsa wajah sedih, mulai dari mata. Lekuk kelopak mata akan membedakan apakah ekspresi itu sedih atau gembira.

Pandangan mata itu membuat gambar itu menjadi sangat sayu. Kesyahduan pandang mata akan semakin membuat kesedihan semakin tampak. Apalagi kalau arsiran pada bagian pipi atau bagian samping wajah dibuat seimbang sehingga gambar sketsa semakin jelas dan hidup.

Selain pandangan mata, bentuk bibir pun bisa menambah gambaran kesedihan yang akan ditonjolkan. Jangan lupa untuk membuat kontur wajah yang seimbang agar lebih menonjolkan ekspresi yang diinginkan. Latar belakang yang gelap dengan warna kelam akan menambah ‘pesona’ bentuk ekspresi sedih.

Untuk mendapatkan raut wajah yang sedih itu, bisa mulai dari menggambar contoh dari sebuah potret atau mencontoh gambar kesuraman yang banyak ditemukan dikehidupan sehari-hari. Dengan mengikuti gambar yang sudah ada, lama-kelamaan akan menemukan teknik tersendiri dalam menggambarkan perasaan yang akan dilukis.

Tidak semua pelukis yang mulai dari sketsa. Tidak sedikit pelukis yang langsung membuat garis tegas karena memang sudah terbiasa melukis secara langsung. Pelukis yang tidak mau menggunakan sketsa ini berpendapat bahwa kalau ada kesalahan, gambar akan menjadi kotor. Seberapa tipisnya garis yang dibuat dalam sketsa, tetap saja ada bekas goresan.

Berlatih Menggambar Satu Per satu

Untuk lebih memantapkan keahlian dalam menggambar sketsa wajah, bisa juga dengan mencoba menggambar satu per satu organ di wajah. Mulai dari memggambar berbagai bentuk hidung, bentuk mata, bentuk bibir, dan lain-lain. Dengan tahapan ini, lukisan sketsa wajah manusia ekspresi sedih atau ekspresi apa pun bisa dibuat dengan lebih mudah.

Selanjutnya : Mengenal Aneka Macam Alat Pengukur
Sebelumnya: Perkenalan Menggunakan Bahasa Inggris dalam Sebuah Wawancara Kerja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar