Luncuran Pada Renang Gaya Bebas

Renang adalah salah satu cabang olahraga yang sering dilombakan. Renang merupakan jenis olahraga air yang berfungsi untuk meningkatkan ketahanan tubuh dalam air dan meninggikan badan.

Renang tidak hanya dilakukan secara biasa. Renang memiliki gaya tersendiri agar lebih terarah dan cepat sampai. Ada tekhnik-tekhnik tersendiri agar renang bisa dengan cepat. Dan step by step yang paling penting adalah luncuran pada renang gaya bebas yang membuat renang lebih cepat.

Gerakan Berenang

Ada tiga gerakan yang penting dalam renang gaya bebas sehingga bisa meluncur dengan baik sehingga membuat jarak yang cukup signifikan dari garis start. Berikut tiga gerakan tersebut:

1. Gerakan menarik. Lengan ditarik silang di bawah dada dengan membengkokkan siku dan posisi lurus ke depan.

2. Gerakan mendorong atau Push yaitu gerakan mendorong lengan lurus ke belakang.

3. Tangan lurus ke belakang lalu siap angkat siku keluar dari air dan lakukan dengan rileks.

Dan luncuran pada renang gaya bebas  dibagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Luncuran pasif adalah luncuran yang bukan dilakukan pure karena gerakan dari diri sendiri melainkan karena bantuan orang lain.

Langkah-langkah untuk menghasilkan luncuran ini adalah:

–    Meluncur dengan dibantu dua orang
–    Meluncur yang dibantu oleh seorang saja yaitu dengan cara menarik lengan kita
–    Meluncur dengan dibantu didorongkan tungkai kaki
–    Bantuan meluncur yang dilakukan dengan cara memegang perut atau pahanya.

2. Luncuran aktif. Luncuran aktif dibagi menjadi dua jenis yaitu luncuran aktif dari dinding kolam dan luncuran yang dilakukan dengan mendorong dari dasar kolam yang menjadi satu-satunya sumber dorongan.

Belajar dengan Rutin

Ingatlah bahwa sebuah luncuran tidak akan bisa membuat kita ‘mandiri’ berenang. Apalagi jika kita tidak mampu berenang. Itu lebih gawat lagi. Maka dari itu mulai dari sekarang banyaklah berenang dulu. Belajar berenang sebelum akhirnya dites oleh guru. Ingat-ingat juga rangkaian gerakan pada renang gaya bebas.

Rangkaian olahraga renang gaya bebas adalah posisi dari badan, gerakan pada kaki, gerakan pada lengan, gerakan untuk pengambilan nafas,  dan pengambilan nafas. Semua itu merupakan rangkaian dari yang namanya renang. Jika Anda perenang dan bahkan belum bisa berenang, maka mulai dari sekarang Anda harus banyak belajar. Rutinlah untuk belajar renang.

Minimal belajar luncuran terlebih dahulu. Namun, jika luncuran sudah dapat dikuasai, mulailah menggerak-gerakkan tangan. Sedikit demi sedikit karena belajar tidak semudah membalikkan telapak tangan. Jadi, mulai dari sekarang Anda harus belajar berenang dan minimal gaya luncuran pada renang gaya bebas.

Loading...
Selanjutnya : Lupa Ulang Tahun Suami
Sebelumnya: Seputar Seleksi yang Dilakukan oleh Perusahaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar