Macam Alat Komunikasi Tradisional dan Fungsinya


Komunikasi menjadi sesuatu yang sangat penting dari dulu hingga sekarang. Berbagai media bisa digunakan untuk berkomunikasi. Apa saja macam  alat komunikasi tersebut? Simak artikelnya dibawah ini.

Media Komunikasi Tradisional

Sudah berpuluh-puluh bahkan mungkin ratusan tahun yang lalu, alat komunikasi telah ditemukan. Lalu, semakin lama perkembangan alat komunikasi semakin maju. Hingga kini Anda telah mengenal telegram, ponsel, televisi, radio, koran dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda apa saja media komunikasi zaman dahulu?

•    Daun Lontar

Alat komunikasi yang pertama adalah daun lontar. Fungsi dari daun ini adalah sebagai sarana menulis, seperti kertas yang kita kenal sekarang. Kegiatan tulis menulis sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Untuk di Indonesia kegiatan tulis-menulis atau surat menyurat ini dimulai ketika ada Kerajaan Kutai, Pajajaran, Tarumanegara, Sriwijaya, Majapahit, juga Mataram.

Pada saat itu belum ditemukan kertas sehingga muncullah daun lontar sebagai medianya. Ada juga yang menulis diatas rotam, bambu bahkan batu.

•    Kentongan

Untuk alat satu ini masih suka digunakan hingga saat ini. Biasanya ditempatkan di pos ronda. Namun, kebanyakan yang menggunakannya adalah orang-orang yang ada di pedesaan. Jika ada suatu hal, misalnya ada pencurian, pengumuman, dan lain sebagainya maka kentongan inilah yang digunakan.

Para hansip yang melakukan ronda akan membawa alat ini. Begitu juga ketika bulan Ramadhan, saat waktu sahur orang yang berkeliling akan membawa serta kentongan untuk membangunkan orang-orang yang masih tertidur.

•    Asap

Asap? Ya, asap pada zaman dahulu juga digunakan sebagai alat komunikasi. Asap adalah alat komunikasi paling terkenal yang digunakan Indian yang ada di Amerika. Asap ini dibuat bertujuan untuk memberikan pesan rahasia, baik kepada teman maupun lawannya.

Saat ini asap masih tetap digunakan, yaitu untuk pramuka. Bisa juga digunakan ketika seseorang tersesat di suatu hutan. Jika ada helikopter atau orang yang kebetulan lewat dan melihat asap, sering mereka berhenti untuk mencari tahu penyebab adanya asap tersebut.

Itulah beberapa macam alat komunikasi tradisional beserta dengan fungsinya. Sekarang Anda sudah tahu kan bukan hanya internet, buku, telepon dan berbagai alat modern sekarang yang bisa digunakan untuk berkomunikasi.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda

Selanjutnya : Materi untuk Belajar AutoCAD
Sebelumnya: Tuhan Tidak Punya Sifat Seperti Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar