Macam Alat Musik Gesek


Siapa tak menyukai keindahan musik yang dikeluarkan dari berbagai alat musik? Selain dari media suara manusia, alat-alat musik ini sangat membantu memberi nuasa yang akan diperdengarkan. Alat-alat musik yang dipergunakan banyak macammya untuk menghasilkan musik yang indah.

Dari jenis cara memainkan alat musik, banyak kita tahu seperti alat musik tiup, alat musik gesek, alat musik petik, dan alat musik pukul. Untuk macam alat musik gesek, kita bisa mengetahui dari warisan budaya sampai alat musik gesek yang baru. Indonesia sendiri memiliki beberapa macam alat musik gesek yang terkenal dan menjadi kekhasan daerah atau budaya tertentu.

Alat musik gesek yang digunakan dengan cara digesek seperti biola, contre bass, viola, celo, merupakan jenis alat musik baru atau modern. Alat-alat ini sering sekali dimainkan di pagelaran-pagelaran orkestra atau penampilan pribadi.

Tinggi rendah suara yang keluar dari alat musik gesek itu disebut chordophon yang mengeluarkan jenis suara yang tidak bisa memainkan cord sendirian dan memiliki fungsi melodies. Alat musik gesek ini bisa bermain dalam instrumen semata atau bersama vokalia.

Makin lihai memainkan alat musik gesek ini, makin banyak suara indah yang dihasilkannya. Memakai perasaan dan kelembutan memainkannya merupakan unsur penting untuk dapat menyajikan musik indah dari alat-alat musik gesek tersebut.

Indonesia sendiri memiliki alat musik gesek yang khas seperti sasando yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Kemudian ada rebab yang banyak terdapat di semua daerah Indonesia.

Sasando yang berasal dari ujung timur ini terbuat dari daun lontar dengan bambu berongga dan bisa terdiri dari 28, 56, sampai 84 dawai. Sasando ini umumnya dimainkan bersama gong dan gendang yang terbuat dari kulit kambing.

Selain dimainkan di upacara-upacara adat, saat ini sasando dipakai untuk mengitingi tarian-tarian tradisonal lainnya. Karena keberadaannya yang belum dikenal banyak masyarakat luas, seakan keberadaan alat musik gesek Indonesia tenggelam.

Sementara rebab adalah alat musik gesek yang hanya terdiri dari satu atau dua dawai yang bisa digesek. Rebab merupakan jenis alat musik gesek yang dipengaruhi oleh kebudayaan Islam.

Rebab sering dimainkan di acara-acara Islami atau yang bernuansa jazirah. Banyak macam alat musik gesek asli budaya tradisional kita yang keberadaannya makin hilang dari permukaan, mari kita gali dan lestarikan.

Selanjutnya : Titien Wattimena, Antara Film dan Novel Cinta Pertama
Sebelumnya: Tentang Ilustrasi Keluarga Kristen
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar